Soal Pencemaran Air oleh PT LAWU, Wakapolres Konut : Suruh Warganya Buat Laporan Polisi

Kompol Bayu Laras Tutuka/foto : Ist
Kompol Bayu Laras Tutuka/foto : Ist

KONUT – Dugaan adanya mencemaran air bersih yang dilakukan oleh PT Lawu Agung Minning (LAM) terhadap warga Desa Lamondowo Kecamatan Andowia, Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra).

Wakapolres Konawe Utara Komisaris Polisi (Kompol) Bayu Laras Tutuka S.IK mengintruksikan pada warga untuk melaporkan ke pihak yang berwajib.

“Suruh warganya buat laporan polisi atau pengaduan mas,” kata Bayu melalui pesan wathsApp.Jum’at malam, 04 Maret 2022.

Kata mantan Kabag Ops Polres Konawe itu,
apabila memang terbukti bahwa perusahaan PT LAM yang mencemari air warga Desa Lamondowo.Maka Pihaknya akan menindak tegas.

“kalau memang terbukti limbahnya dari PT tersebut,” ungkapnya.

sebelumnya warga Desa Lamondowo melakukan investigasi terhadap aktivitas PT LAM di wilayah konsesi PT Antam block Mandiodo Kecamatan Molawe Kabupaten Konawe Utara (Konut).

Awalnya, pencemaran air bersih dialamatkan pada PT KMS 27 yang juga menambang disitu, tetapi saat investigasi tim media bersama toko masyarakat desa Lamondowo menyimpulkan pencemaran dialkukan oleh PT LAM.

Ditemukan titik pencemaran yang berasal dari aktivitas pertambangan nikel yang saat ini dilakukan oleh PT TPI melalui kontraktornya PT Lawu Agung Minning (LAM) diwilaya konsesi PT Antam, tepatnya dilahan IPPKH milik PT.KMS 27.