Ragam  

100 RTLH di Koltim Akan di Sulap PUPR

KALOSARA NEWS – Sebanyak 100 rumah tidak layak huni (RTLH) di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Sulawesi Tenggara (Sultra) akan mendapatkan bantuan dari Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui APBN Aspirasi fraksi Golkar.

Rencananya Kecamatan Dangia dan Mowewe menjadi lokasi sasaran bantuan pusat tersebut, itu di sampaikan Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Terpadu Koltim, Muh Isa Benhur.

“Kecamatan Mowewe 70 RTLH, lokasi BSPS di desa Ulu Mowewe 20 rumah dan di desa Nelombu 50 rumah, lalu di Kecamatan Dangia 30 rumah, lokasinya di desa Talinduka,” kata Isa Benhur.

Dalam pelaksanaan program BSPS, setiap masyarakat yang ditetapkan sebagai penerima bantuan mendapat bantuan stimulan senilai Rp 20 juta. Dana tersebut dialokasikan untuk pembelian bahan bangunan sebesar Rp 17,5 juta dan pembayaran upah tukang sebesar Rp 2,5 juta.

Dan dari 100 RTLH yang diusulkan di program BSPS, kini prosesnya telah masuk ke tahap perifikasi lapangan dari tim Koordinator kabupaten dan tim fasilitator lapangan bentukan kementrian PUPR.

“Masih di perifikasi lapang, secara tehnis syarat penerima BSPS ini antaranya rumah papan kondisi lapuk, lantai keropos atau lantai tanah, atap rumbia dengan kondisi bocor. Inti program ini peningkatan kualitas rumah, yang tadinya RTLH akan di ubah menjadi Rumah Layak Huni,” terang Kadis Perumahan dan Kawasan Pemukiman Terpadu Koltim ini.(Red/Utha)

error: Hak Cipta dalam Undang-undang