Ragam  

15.000-an KK di Konawe Terima BLT-DD Tahap 1 Hingga 3, Tahap 4 Menunggu Regulasi

Ketgam : Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Konawe Keni Permana
Ketgam : Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Konawe Keni Permana

Editor : Rj | Publizher : Iksan


KALOSARA NEWS : Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) di Kabupaten Konawe sudah tuntas dilakukan. 15.000-an kepala keluarga (KK) di Konawe, mendapat bantuan Rp 600.000 per bulan dari pemerintah sebagai stimulan dimasa pandemi Covid-19. Hingga tahap satu sampai tahap tiga, anggaran BLT-DD yang sudah dicairkan itu mencapai Rp 28,2 Miliar.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Konawe Keni Permana, Senin (13/7), mengatakan, pencairan duit BLT-DD sebesar Rp 28,2 M itu terbagi menjadi tiga tahap. Setiap tahap, Rp 9,4 M disalurkan bagi 15.000-an KK yang terdampak pandemi di Konawe. Itu terhitung sejak bulan April hingga Juni tahun 2020.

“Laporan yang masuk ke BPMD Konawe sudah tuntas semua. Mulai dari tahap 1 sampai tahap 3. Penyalurannya dilakukan kepada warga di 239 desa, minus 52 desa yang sempat berpolemik beberapa waktu lalu,” ujarnya diwawancarai di pendopo pemkab Konawe.

Keni menyebut, saat ini pihaknya juga tengah mempersiapkan beberapa dokumen terkait persiapan pencairan BLT-DD di bulan keempat. Katanya, ada penambahan waktu pencairan BLT-DD tepatnya di bulan Juli hingga September setelah Menteri Desa RI, merevisi pedoman penggunaan dana desa (DD) tahun 2020. Beberapa waktu lalu, Menteri Desa menerbitkan Permendes nomor 7 tahun 2020 sebagai perubahan kedua atas Permendes-PDTT nomor 11 tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2020.

“Selain menjaga stabilisasi keuangan negara dalam menghadapi pandemi, aturan itu diterbitkan agar penggunaan DD dapat digunakan kembali untuk pemberian BLT kepada penduduk miskin di desa,” ujar Keni YP.

Dalam Permendes yang baru diterbitkan itu, lanjutnya, periode penyaluran BLT-DD diperpanjang selama tiga bulan terhitung sejak Juli sampai September 2020. Hanya saja, nominal yang bakal diterima setiap KPM hanya sebesar Rp 300.000 per bulannya.

“Sesuai regulasi, jumlah warga penerima BLT-DD tahap keempat itu bisa berdasarkan KPM yang lalu. Atau bisa juga bertambah, sepanjang hal itu sesuai dengan persyaratan yang ada di regulasi Permendes,” tandas Kepala DPMD Konawe itu.

error: Hak Cipta dalam Undang-undang