, , ,

Business Matching Japnas Sultra Digelar, Bayu Priawan Djokosoetono : Sinergitas Usaha dan Kerja Sama Bisnis Antara Organisasi Dapat Terjalin

oleh
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Ketgam : Ketua Umum Jaringan Pengusaha Nasional Bayu Priawan Djokosoetono bersama , Ketua PW Japnas Sultra Sania Kartika Sandi saat konprensi pers usai kegiatan/foto : Hendra Kalosara News

 

KALOSARA NEWS : Jaringan Pengusaha Nasional (JAPNAS) Sulawesi Tenggara (Sultra) mangadakan workshop  Business Matching di hotel Claro Kendari Rabu, 19 Desember 2018 . Kegiatan ini bertujuan  untuk membangun sinergitas antara sesama pengusaha di Sultra.

Ketua Umum Jaringan Pengusaha Nasional Bayu Priawan Djokosoetono mengatakan, salah satu dari kegiatan Japnas yakni, menciptakan suatu sinergitas bisnis.  “Saat ini Japnas sudah ada di 12 provinsi dan masing-masing Japnas melakukan kegiatan matching seperti ini, adanya acara seperti ini (Business Matching-Red) bisa membuat pertukaran informasi peluang-peluang usaha, potensi-potensi yang ada di masing-masing sehingga bisa terjadi sinergitas usaha dan kerja sama bisnis antara organisasi satu dengan organisasi lainya atau antara pengusaha satu dengan pengusaha lainya, “ terangnya saat diwawancara awak media

Untuk 2019, kata Inisiator Japnas pusat ini,  tidak ada yang beda dengan tahun-tahun sebelumnya, hanya menciptakan sinergitas usaha antara pelaku satu dengan lainya. “2019 kita akan lebih fokus lagi untuk mengembangkan Japnas di daerah karena kami meyakini potensi-potensi yang ada di daerah yang paling mengetahui hanya orang-daerah. Contohnya di Sulawesi Tenggara yang paling mengetahui potensi-potensi yang ada di sini hanya orang-orang pelaku usaha yang ada di sini, “ katanya.

Lanjutnya, dibentuknya kepengurusan di suatu wilayah tersebut dapat memudahkan Japnas untuk melakukan identifikasi peluang-peluang informasi bisnis-bisnis yang ada di daerah tersebut.

“Kenapa itu di buka karena kami butuh pemetaan, pemetaan itu akan kita share keseluruh Indonesia sehingga mereka bisa mengetahui potensi-potensi di daerah mana yang mereka bisa kerja samakan. Sebagai pelaku bisnis kami  harapkan pemerintah bisa menyambut baik wadah seperti kami bisa mensuport menciptakan infestasi iklim bisnis dan kesetaraan dalam berbisnis,” harapnya.

Di Tempat yang sama, ketua PW Japnas Sultra Sania Kartika Sandi dalam sambutanya menuturkan Business Matching merupakan forum dimana bisa saling bertukar informasi bisnis dan peluang usaha. “Bagi kami forum seperti ini sangat di perlukan, dimana dengan adanya Business Matching  ini kami bisa mendorong sektor-sektor usaha Usaha Kecil Menenga (UKM) agar lebih terekspos dan membuka kemitraan dengan pengusaha lainya,” tuturnya.

Dikatakannya, dalam kesempatan ini pihaknya juga memperkenalkan Sultra bukan hanya penghasil pertambangan, namun disini lain ada sektor-sektor lain yang bisa di kembangkan. “Kami memiliki hasil laut yang melimpah yang bisa di kembangkan, kami punya perkebunan yang bisa di kerjasamakan, kami juga punya pantai-pantai yang indah untuk di komersilkan potensi-potensi inilah yang kami harapkan bisa di sosialisasikan oleh para pengurus-pengurus Japnas yang ada di PW Sultra maupun PP Japnas.” Katanya.

Ia berharap Japnas tidak hanya di sibukkan oleh kegiatan-kegiatan protokoler organisasi namun lebih pengelolaan anggota-anggota ini sendiri yang dulunya pengusaha kecil menjadi usaha menengah, yang dulunya usaha menengah menjadi usaha besar dan yang dulunya usaha besar menjadi pengusaha yang luar biasa. “ tutupnya.


Reporter : Hendra

Editor     : Randa

Publizer  : Iksan

  •  
  •  
  •  
  •  
  •