,

Natal Gabungan, Wabup Arsalim Tekankan Persatuan dan Kesatuan

oleh
Ketgam : Wakil Bupati (Wabup) Konsel Dr. H. Arsalim Arifin saat menyampaikan sambutannya pada acara Perayaan Natal Gabungan Bersama
Ketgam : Wakil Bupati (Wabup) Konsel Dr. H. Arsalim Arifin saat menyampaikan sambutannya pada acara Perayaan Natal Gabungan Bersama
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KALOSARA NEWS : Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Selatan (Konsel) bersama TNI, Polri dan Umat Kristiani menggelar Perayaan Natal Gabungan Bersama (PNGB) di Gereja Katolik stasi Santo Raymundus, Kelurahan Punggaluku, Kecamatan Laeya.

Natal 2018 kali ini mengangkat tema “Dengan Hikmat Natal Kita Perkokoh Persatuan, Perdamaian, dan Kerukunan Antar Umat Beragama  Menuju Desa Maju Konsel Hebat” yang di meriahkan dengan paduan suara utusan dari Gereja-Gereja se-Kabupaten Konsel.

Wakil Bupati Konsel, Arsalim Arifin dalam sambutannya momentum perayaan hari keagamaan selalu memiliki sebuah makna yang penting bagi umat, untuk terus mendorong pemahaman, penghayatan dan pengalaman dalam mempertebal keimanan kepada Tuhan YME. “Ajaran agama hadir mengandung peringatan bagi umatnya untuk selalu mawas diri dalam menghadapi berbagai dinamika kehidupan,” sambutnya dalam acara tersebut.

Kata Mantan Sekda Konsel ini, melalui PNGB ini, ia ingin menekankan agar semua terus melakukan pencerahan diri secara konsisten dan simultan, melakukan penghayatan agama sehingga tidak hanya bersifat ritual semata, tetapi menjadi sumber inspirasi untuk terus memperkokoh persatuan dan kesatuan di tengah kebinekaan bangsa dengan selalu mengedepankan perwujudan perdamaian, kerukunan dan saling menghargai antara satu dengan yang lain.

“Suasana religius dalam do’a bersama ini, tentu akan semakin membangkitkan kedekatan bathin antara pemerintah dan masyarakat, sehingga semakin memperkuat solidaritas dan persaudaraan yang juga merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan yang saling membutuhkan, ditengah upaya pembangunan daerah,” katanya.

Atas nama Pemda dan masyarakat Konsel,Arsalim mengucapkan Selamat Natal bagi umat Kristiani, semoga apa yang dicita-citakan bersama dalam membangun daerah ini senantiasa berjalan dalam kebenaran yang di semangati oleh pengabdian yang amanah.

Ditempat yang sama, Kepala Kemenag Konsel Adnan Saufi menghimbau kepada seluruh umat kristiani yang sedang menjalankan ibadah natal agar melaksanakan dalam suasana kesederhanaan sebagai bentuk saling menghargai dan menghormati dengan umat lain.

“Mari kita rayakan natal dengan sederhana saja, karena tidaklah elok kita rayakan dengan meriah dan bersenang-senang, sedangkan saudara kita yang lain baru saja terdampak tsunami di Palu-Donggala , Banten serta Lampung, jadi sebaiknya dengan momentum perayaan ini mari kita doakan mereka agar di beri kemudahan menghadapi musibah serta kita berharap negeri kita terhindar dari bala dan cobaan,” kata Adnan.

Sementara itu, dalam khotbahnya Pastor RD Daud Labolo mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas perhatian, dukungan dan sumbangan Pemda Konsel dalam mensukseskan kegiatan PNGB ini, termasuk kepada TNI- POLRI yang telah mengamankan proses jalannya perayaan ini sehingga berjalan dengan lancar kondusif. ” Dan ini juga sesuai laporan dari seluruh Gereja seluruh Konsel, yang merasakan perhatian lebih dari Pemda dan TNI-Polri sehingga merasa Aman dan Nyaman dalam menjalankan Ibadah dan Perayaan Natal,” ucapnya Jum’at (28/12/2018).

Ia mengajak kepada semua yang hadir, khususnya umat kristiani dalam perayaan natal agar selalu satu hati dalam damai dengan menjujung dan menjaga semangat persatuan dalam bingkai rasa persaudaraan dan kebersamaan meski bebeda suka dan agama.

Untuk diketahui, kegiatan PNGB di hadiri oleh, Wakil Bupati (Wabup) Konsel Dr. H. Arsalim Arifin, Sekretaris Daerah (Sekda) Ir. Drs. H. Sjarif Sajang, Ketua TP-PKK, Hj. Nurlin Surunuddin, Kepala Kemenag Adnan Saufi, S.Pd, Ketua FKUB Ustadz Wildan, Ketua DWP Hj. Ariyati Sjarif, Staf Ahli Bupati Drs. Edwin Koodoh, Kabag Kesra Hamlin S Ode Maka dan Kabag Humas Hermawan serta ribuan umat Kristen Katolik dan Protestan se-Konsel.


Reporter : Rj

Editor      : Armin