Hari Jadi KGB, Pemda Konsel Janjikan Bus Bantuan Tambahan Pada MA-Daops

oleh
Ketgam : Pemotongan Tumpeng/foto : Ist
Ketgam : Pemotongan Tumpeng/foto : Ist
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KALAOSARA NEWS : Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara (Sultra) mengapresiasi atas dedikasi MA-Daops Tinanggea yang selama ini membantu siswa menuju dan pulang sekolah melalui transportasi daratnya. Atas dasar itu Daerah yang dipimpin oleh Bupati Konsel Surunuddin Dangga berjanji memperhatikan MA-Daops tersebut kedepannya, meski saat ini bantuan yang diberikan oleh Pemda pada MA-Daops baru berupa dua unit bus.

 Ketgam : Kendaraan yang kerap mengantar siswa/siswi pergi dan pulang sekolah secara gratis/foto : Ist

Ketgam : Kendaraan yang kerap mengantar siswa/siswi pergi dan pulang sekolah secara gratis/foto : Ist

“Kedepan Pemkab Konsel akan berupaya untuk memberikan bantuan kendaraan Bus yang akan digunakan sebagai transportasi antar jemput siswa dari rumah ke sekolah,” ungkap Asisten II bidang Pembangunan Ir. Armansyah saat mengahdiri Hari Jadi Kendaraan Giat Belajar (KGB) tepatnya pada 10 Januari. Kamis, (10/1/2019).

Kata Armansyah, di tahun ini baru memiliki dua unit kendaraan bus sekolah yang akan di distribusikan ke kecamatan yang sangat membutuhkan kendaraan itu.” Kedepan semua kecamatan bisa memiliki kendaraan tersebut termasuk di wilayah ini,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Daops Tinanggea Yanuar Panca Kusuma menerangkan KGB merupakan kreatifitas MA-Daops Tinanggea yang dibuat dirakit pada awal Desember 2017 lalu yang diresmikan penggunaannya pada 10 Januari 2018.

“Ide ini muncul karena kepedulian Daops Tinanggea terhadap peningkatan mutu pendidikan khususnya pada tingkat TK, SD, SMP Satap 10 Konsel melalui antar jemput siswa yang di isi dengan pemberian materi pelajaran sekolah, etika/perilaku,” ungkapnya

Ia menjelaskan bahwa kegiatan itu bertujuan untuk menciptakan generasi cinta lingkungan dan pemahaman bahaya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) sejak usia dini.

“Pada dasarnya KGB merupkan sarana angkutan dan belajar secara gratis bagi siswa setiap hari pada jam sekolah. Adapun capaian yang diharapkan dan telah dirasakan adalah berupa keamanan dan kenyamanan siswa dalam menuju dan pulang sekolah, peningkatan mutu dan pendidikan serta memperoleh pengetahuan tentang lingkungan,” jelasnya.

Ia menambahkan, dalam kegiatan ini juga dilakukan penggalangan dana, dan telah terkumpul sebanyak Rp 21.845.000, dana ini di peruntukkan bagi adik Azzam berusia 11 tahun yang menderita penyakit Observasi penyempitan distal rektrum sejak balita yang ingin sembuh dari sakitnya serta berharap dapat bersekolah,” kata Yanuar.

Untuk diketahui, tepat tanggal 10 Januari 2019 hari ini genap setahun Kendaraan Giat Belajar (KGB) terbentuk. KGB ini di sponsori oleh Manggala Agni Daerah Operasional (MA-Daops) Tinanggea Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) di bawah koordinasi Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK).

Kegiatan berlangusung di halaman Mako MA-Daops Tinanggea Wilayah Sultra Desa Tatangge, Kecamatan Tinanggea, Konsel, dilaksanakan kegiatan menyambut setahun terbentuknya KGB yang di isi dengan Praktek Mitigasi Bencana, Lomba menyusun Puzzle, Permainan rangking 1, juga pemberian bantuan buku siaga bencana oleh BNPB Sultra, yang ditutup dengan tari lulo bersama seluruh peserta yang hadir.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Asisten II Bidang Pembangunan, Ir. Armansyah, Kapolres Konsel AKBP Dedy, Kepala Daops Tinanggea, Yanuar Panca Kusuma, Kasi Sumber Daya BNPB, Kadek Wirawan, Humas SAR, Wahyudi, Kasi Kesra Kantor Camat Tinanggea, Mulyadi, Kasubag Dokumentasi Humas setda, Halik Sondeng dan Kades Tatangge, Ririn Susilowati. (***)


Reporter : Rj

Ediotor : Armin

Publizer : Iksan