Bupati Konsel Resmikan Kantor Camat dan Pasar Desa Asaria Kecamatan Sabulakoa

oleh
Ketgam : Surunuddin Dangga, ST., MM. meresmikan Kantor Camat dan Pasar
Ketgam : Surunuddin Dangga, ST., MM. meresmikan Kantor Camat dan Pasar
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KALOSARA NEWS : Bupati Konawe Selatan (Konsel), Surunuddin Dangga, ST., MM di dampingi Sekretaris Daerah (Sekda), Ir. Drs. Sjarif Sajang, M.Si dan Ketua DPRD Irham Kalenggo, S.Sos.,M.Si meresmikan Kantor Camat dan Pasar Desa Asaria serta penggunaan jalan beraspal Poros Kecamatan Sabulakoa. Senin (14/1/2019).

Turut mendampingi Ketua TP-PKK Konsel, Hj. Nurlin Surunuddin, SH, Ketua DWP, Hj. Ariyati Sjarif, SKM, unsur Forkopimca, para anggota legislatif, pimpinan OPD, Camat, Kabag, Lurah lingkup Pemda Konsel, Kades dan masyarakat Sabulakoa.

Peresmian di tandai dengan penandatanganan Prasasti oleh Bupati, Surunuddin Dangga dan Pengguntingan pita oleh Ketua TP-PKK, Hj. Nurlin Sunurunuddin yang juga di saksikan oleh masyarakat Kecamatan Sabulakoa.

Hujan yang mengguyur lokasi acara tidak menyurutkan semangat Bupati bersama rombongan serta para tamu undangan dan masyarakat mengikuti prosesi kegiatan dari awal hingga selesai. “Hujan hari ini merupakan berkah dan nikmat bagi kita semua, sebagai tanda di berkahinya kegiatan kita hari ini oleh sang pencipta,” kata Surunuddin mengawali sambutannya di hadapan masyarakat Sabulakoa.

Ia juga menjelaskan bahwa peresmian Kantor, Pasar dan pengaspalan merupakan bentuk perhatian dan realisasi janji atau jawaban dari pertanyaan yang di sampaikan masyarakat terkait kinerja dan pembangunan apa yang kami lakukan bersama Arsalim untuk masyarakat Sabulakoa.

“Kantor Camat kita bangun untuk memudahkan dan memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat setempat, olehnya saya berharap masyarakat membantu memantau dan mengontrol kondisi dan situasi kerja di Kantor Camat ini demi terwujudnya pelayanan yang lebih maksimal,” ungkapnya.

Saya juga minta kepada Kades dan Camat bersama perangkatnya, lanjut Surunuddin, untuk menginformasikan terkait transparansi penggunaan anggaran Dana Desa kepada masyarakat, termasuk saling bersinergi dengan dan antar OPD, sekaligus siap menjadi juru bicara Pemda dalam menyampaikan setiap program yang di canangkan dan telah berjalan.

Terkait pembangunan pasar, Surunudin berharap kunjungan pedagang maupun pembeli meningkat karena Pemda telah memberikan tempat usaha yang layak dan representatif, sehingga roda perekonomian di desa lebih kuat dan cepat.

Menyinggung pembangunan jalan, Ia mengatakan bahwa jalan yang diresmikan hari ini adalah ruas jalan Mowila – Tetenggabo Kecamatan Sabulakoa sejauh 8 Km bersumber dari dana DAK tahun 2018 sebesar 23 Milyar. Selanjutnya, di Tahun Anggaran 2019 dirinya akan menggelontorkan Dana sebesar kurang lebih 11 Milyar dengan melanjutkan pengaspalan jalan ruas Wonua Sangia – Sabulakoa bersumber dari dana DAK yang melekat di Dinas PUTR.

Saat ini, lanjutnya, Pemda sedang memaksimalkan anggaran yang ada, dalam rangka mendorong percepatan pembangunan dan pusat pertumbuhan desa dan ekonomi dengan tekad keluar dari ketertinggalan menuju Desa Maju Konsel Hebat, termasuk akan di bangun jembatan besar di Desa Laikandonga dan Jembatan yang menghubungkan Desa Wawolemo – Pondidaha melintasi sungai Konaweha bekerjasama dengan pihak Provinsi.

Untuk di ketahui, pembangunan Kantor Camat menelan anggaran 790 juta yang dikerjakan kurang lebih 2 bulan dari bulan November – Desember 2018 bersumber dari DAU APBD TA 2018, sedangkan pembangunan pasar Desa Asaria sebanyak 980 Juta Rupiah yang terdiri dari 10 kios dan 20 lodz basah bersumber dari DAK Kemendagri 2018.

Reporter : Rj

Editor : Armin

Publizer : Iksan