,

KPU Konawe Seleksi 87 Orang Calon Relawan Demokrasi

oleh
Ketgam : Dari (kanan), Armanto (Kaos putih), Andang Masnur, Muh Azwar (ketua KPU), Andriansyah Siregar, Muh. Kahfi Surahhaman (pake peci)/foto: Ist
Ketgam : Dari (kanan), Armanto (Kaos putih), Andang Masnur, Muh Azwar (ketua KPU), Andriansyah Siregar, Muh. Kahfi Surahhaman (pake peci)/foto: Ist
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KALOSARA NEWS : Sebanyak 89 orang yang dinyatakan lulus administrasi sebagai peserta Relawan Demokrasi (Relasi) hari ini Rabu, (16/1/2019) mengikuti tes wawancara di Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kordiv SDM dan Parmas KPU Konawe Andang Masnur menyampaikan, dari 89 orang yang memenuhi panggilan untuk mengikuti tes hanya 87 orang saja yang hadir. Dua orang peserta tidak hadir dan otomatis dinyatakan gugur.

“Iya, jadi kemarin kita sudah umumkan hasil seleksi berkas. Hari ini kita lakukan tes wawancara. Tapi ada dua orang yang tidak hadir, maka otomatis gugur dengan sendirinya,” ungkap Andang.

BERITA TERKAIT : 

  1. Alumni Kursus Kepemiluan, Dominasi Pendaftar Relasi KPU Konawe
  2. KPUD Konawe Buka Pendaftaran Relawan Demokrasi, Ini Kuota yang Dibutuhkan

Ia menyebutkan dari 87 orang yang mengikuti wawancara ini,  dinilai dari beberapa aspek. Diataranya kemampuan memahami tetantang kepemiluan.

“Kita lakukan wawancara untuk menilai pemahaman kepemiluannya seperti apa. Kemudian publik speakingnya dan integritasnya jangan sampai berafiliasi dengan Parpol tertentu,” sebutnya.

Mantan Kepala Sekolah SD di Konawe ini menjelaskan,  pentingnya penilaian publik speaking ini karena selaku relawan, mereka akan turun ke basis pemilih memberikan pendidikan pemilih dan melakukan sosialisasi. “Selain pemahaman kepemiluan kami juga menekankan pentingnya penguasaan public speaking. Sebab mereka adalah refresentasi kami dilapangan untuk melakukan sosialisasi.  Jika tidak mampu melakukan presentasi dengan jelas, masyarakat bisa saja gagal paham,” jelasnya. Seraya berkata besok Kamis 17 Januari 2019 akan diumumkan 55 orang yang berhasil lolos seleksi wawancara ini dan akan dilantik menjadi relawan demokrasi.


Editor : Randa

Publizer : Iksan