,

Bupati Konsel Lantik Kades Tambolosu Hasil Pemilihan Antara Waktu

oleh
Ketgam : Bupati Konsel saat mengambil sumpa Kades Tambolasu
Ketgam : Bupati Konsel saat mengambil sumpa Kades Tambolasu

KALOSARA NEWS : Masyarakat Kecamatan Laonti, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara (Sultra) menyambut meriah rombongan bupati. Kedatangan bupati di kecamatan setempat untuk melantikan kepala desa Tambolosu hasil pemilihan antar waktu menggantikan Kades sebelumnya yang telah meninggal dunia.

Bupati Konsel Surunuddin menyampaikan dalam sambutannya. Pelantikan Kepala Desa (Kades) Antar Waktu terpilih, Tahir, Periode 2016-2022 sesuai SK Bupati Nomor 141/49 Tahun 2019. Hasil pemilihan ulang dalam format perwakilan.

Dikatakannya, sejalan dengan Visi Pemda Konsel ” Desa Maju Konsel Hebat”, berharap agar momentum pemilihan dan pelantikan Kades bisa menjadi sarana perekat persatuan masyarakat Desa Tambolosu khususnya, dan Konsel umumnya, dalam menyatukan langkah membangun wilayah Konsel walaupun dengan segala keterbatasan.

Tetapi kata Surunuddin, pihaknya tetap berupaya menggenjot laju pembangunan khususnya pada bidang Infrastruktur yang di harapkan bisa mengurangi kesenjangan antar wilayah, terutama sinergi dalam pengentasan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang selama kurun waktu 2017-2018 telah terbangun 6.790 unit rumah layak huni melalui Dana Desa (DD) di luar dari yang di bangun Dinas Perumahan dan Pemukiman baik rehab maupun pembangunan baru.

“Sebagai bentuk pemberian dukungan prioritas penggunaan DD untuk pembangunan RTLH, yakni dituangkan melalui Perbup mengenai tata cara penyusunan APBDes. Bahkan untuk 2019 sebagai bentuk perhatian terhadap Desa telah saya terbitkan beberapa Perbup untuk pembanguan Desa, diantaranya Perbup pedoman pengelolaan ADD dan DD, juga pengelolaan keuangan, pengadaan barang dan jasa, standarisasi harga dan Perbup kewenangan berdasarkan hak asal usul dan berskala lokal desa, serta Perbup siklus tahunan desa, ” paparnya. Kamis, 30/01/2019 di hadapan masyarakat.

Menurut orang nomor satu di Konsel ini, sebagai catatan khusus, ADD tahun 2019 ia alokasikan untuk Kecamatan Laonti sejumlah Rp 4.1 Milyar dan DD sebesar 14 Miliar jadi total Rp 18 M, dan khusus ADD Tambolosu mendapatkan sebesar Rp 222 juta rupiah dan DD senilai 736 Juta dengan total 959 juta,” jelasnya.

Mantan Ketua DPRD Konsel ini juga menjelaskan, sebagai bagian mewujudkan Visi Desa Maju Konsel Hebat, dirinya membangun infrastruktur Jalan Darat menuju Ibukota Kecamatan Laonti yang saat ini telah di lalui segala jenis kendaraan, termasuk akan dibangun Pasar, Puskesmas, Sekolah dan infrastruktur lainnya yang lebih memadai dalam rangka mendorong keterisolasian daerah ini, di tunjang penentuan Desa Tambolosu ini menjadi kawasan pertumbuhan baru menuju masyarakat sehat, cerdas dan sejahtera.

“Impian saya di masa jabatan ini, seluruh Desa – Desa yang ada di Kecamatan Laonti tersambung dan bisa di akses melalui jalan darat, dengan membuat jalan lingkar, di awali pembangunan ruas jalan Langgapulu-Namu dan Ruas Jalan Lapuko-Tambolosu-Laonti, tentu dengan dukungan penuh seluruh elemen masyarakat,” ungkapnya.

Surunuddin juga mengatakan bahwa baru kali ini dirinya khusus turun langsung ke Desa untuk melantik Kades terpilih, ini juga bentuk perhatian saya dalam mendorong pembangunan daerah ini agar cepat tumbuh, berkembang dan maju

Olehnya itu, saya menitip pesan kepada Kades yang baru di lantik agar menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai pemimpin Desa, yang mampu mengayomi masyarakat, menghilangkan segala sekat2 perbedaan maupun gesekan2 agar dapat menyatukan langkah masyarakat dalam membangun Desa Tambolosu yang maju dan sejahtera, Selamat menjalankan tugas

Sedangkan, menurut Kades Tambolosu yang baru di lantik, Tahir, mengatakan bahwa dirinya akan menjalankan amanah masyarakat yang telah di percayakan kepadanya, salah satunya tidak akan mengangkat perangkat Desa dari lingkungan Keluarga, demi menghindari unsur Kolusi, Korupsi dan Nepotisme.

“Saya juga akan bersinergi dengan Pemerintah Kecamatan, Desa lainnya dan Pemerintah Kabupaten serta mendukung penuh program kerja yang tertuang dalam RPJM Pemda Konsel, khususnya penggunaan ADD dan DD, sehingga percepatan pembangunan bisa meningkat pesat, dengan mendorong potensi yang ada baik di bidang pertanian dan kelautan,” jelasnya.

Untuk diketahui, pelantikan ini disaksikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Ir. Drs. H. Sjarif Sajang, Kapolsek Laonti Iptu Pol Samsuddin Abdullah, Anggota Legislatif Irwan, para pimpinan OPD, Camat, Kepala Bagian, Tokoh Agama, Masyarakat, Adat serta ratusan warga setempat, bertempat di Balai Pertemuan Desa Tambolosu.


Editor : Armin

Publizher : Iksan

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
Kalosara News | Be Your Smart