,

Bupati Konsel Launching Pencanangan GISA

oleh
Ketgam : Penyerahan secara simbolik duplikat kendaraan roda empat dari Bupati Konsel Surunuddin Dangga pada Perwakilan Capil Konsel yang di saksikan Wakil Bupati Konsel Arsalim Arifin serta Ratusan masyarakat Konsel. Foto/Humas Konsel.
Ketgam : Penyerahan secara simbolik duplikat kendaraan roda empat dari Bupati Konsel Surunuddin Dangga pada Perwakilan Capil Konsel yang di saksikan Wakil Bupati Konsel Arsalim Arifin serta Ratusan masyarakat Konsel. Foto/Humas Konsel.
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KALOSARA NEWS : Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Selatan (Konsel) mencanangkan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA) Kependudukan Tingkat Kabupaten tahun 2019,

Hal itu bertujuan untuk membangun ekosistem pemerintahan yang sadar akan pentingnya administrasi kependudukan.

Kegiatan tersebut bertempat di Lapangan Sepak Bola Kecamatan Ranomeeto, Senin (18/3/2019) serta di hadiri ratusan orang.

Pencanangan GISA di launching langsung oleh Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga di dampingi Wakil Bupati, Dr. Arsalim Arifin, Sekretaris Daerah (Sekda), H. Sjarif Sajang, dan Ketua DPRD, Irham Kalenggo serta Kadisdukcapil, Nurlita Jaya, yang di hadiri para pimpinan OPD lingkup Pemda Konsel.

Kegiatan yang juga di hadiri Ketua TP-PKK, Hj. Nurlin Surunuddin dan Ketua DWP Konsel, Hj. Ariyati Sjarif dan unsur Forkopimda tersebut, ditandai dengan pemukulan Gong oleh Bupati dan penandatanganan Deklarasi serta Naskah Perjanjian Kerja Sama (PKS) antar OPD terkait, dan Persatuan Gereja Indonesia (PGI), serta dengan Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) dalam rangka turut serta mensukseskan program GISA di seluruh elemen.

Adapun Program GISA yang di maksud sesuai instruksi Mendagri Nomor 430/837/SJ diantaranya, Program sadar kepemilikan dokumen kependudukan, sadar pemutakhiran data penduduk, sadar pemamfaatan data kependudukan dan program sadar melayani administrasi kependudukan.

Dalam sambutannya, usai mengukuhkan kader GISA tingkat Kabupaten, Kecamatan, Kelurahan dan Desa, Bupati Konsel, Surunuddin Dangga, menyampaikan bahwa pencanangan GISA hari ini merupakan bagian dari instruksi Mendagri, yang dalam penerapannya 1 (satu) Kecamatan minimal harus terbentuk 1 Desa/Kelurahan sadar akan administrasi kependudukan (Adminduk), begitupun di Kabupaten harus terbentuk 1 Kecamatan serta di tingkat Provinsi minimal terbentuk 1 Kab/Kota sadar Adminduk.

Yang tujuannya agar terwujudnya indonesia yang sadar dan tertib adminduk, sambung Surunuddin, sehingga dengan pencanangan GISA diharapkan seluruh elemen pemerintah dan masyarakat sadar akan pentingnya kepemilikan dokumen kependudukan, seperti KK, KTP-el dan Akta-akta yang didalamnya bermamfaat untuk pembangunan demokrasi, perencanaan pembangunan dan alokasi anggaran yang nantinya demi kebahagiaan dan kesejahteraan rakyat.

“Untuk mendukung gerakan ini, saya perintahkan kepada seluruh Camat, Lurah dan Kepala Desa agar selalu memutakhirkan data warganya, baik yang lahir, meninggal, pindah, datang dan menikah, sehingga tertib adminduk di Konsel benar2 terealisasi menuju masyarakat sejahtera sehingga Desa Maju Konsel Hebat dapat tercapai,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu juga, setelah menyerahkan bantuan 1 Unit Mobil Operasional kepada Disdukcapil, Surunuddin juga memerintahkan agar mempercepat perekaman dan penyaluran KTP-el, selain agar dapat menerima program mamfaat dari pemerintah bagi masyarakat tidak mampu karena syarat utama menerima bantuan, juga dapat memenuhi hak konstitusinya pada Pileg dan Pilpres 17 April 2019 mendatang. Sekaligus mengimbau kepada seluruh masyarakat agar turut mensukseskan Pemilu tersebut dengan tidak golput, karena 1 suara sangat menentukan masa depan Daerah dan Bangsa.

Sementara itu, Kadisdukcapil Konsel, Nurlita, selaku penanggung jawab kegiatan menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan dan dukungan, khususnya kepada Bupati Konsel, Surunuddin Dangga, sehingga kegiatan pencanangan GISA hari ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

“Dan untuk mewujudkan tertib Adminduk, diperlukan kerjasama dan sinergitas dari seluruh stake holder serta elemen masyarakat, juga agar terbangun ekosistem pemerintahan yang sadar akan pentingnya Adminduk,” tandasnya.

Untuk di ketahui, selain pencanangan GISA, Pemda juga melaunching peluncuran Program Kartu Identitas Anak (KIA) usia 0-16 Tahun dengan membagikan secara simbolis kepada 4 (empat) anak dari perwakilan kecamatan yang telah mengurus terlebih dahulu yang di serahkan oleh Ketua TP-PKK Konsel, Hj. Nurlin Surunuddin. Adapun target penyelesaian pengurusan KIA 2019 melalui Dinas Dukcapil sebanyak 10.000 keping.

Selain itu juga, Bupati Konsel dalam kegiatan itu, menyerahkan penghargaan kepada kader- kader GISA yang telah sukses menjalankan program ini. Dimana, untuk tingkat Kecamatan, Tinanggea keluar sebagai Juara I (pertama), di susul Laeya dan posisi ketiga dari Ranomeeto, adapun Tingkat Desa/Kelurahan, Posisi I di tempati Desa Tolutu Jaya, kedua Kel Punggaluku dan terakhir Desa Torobulu.


Reporter : Rj

Editor : Armin

Publizher : Iksan