Mahasiswa Fisip UHO Terima Pembekalan Relawan Pemantau Pemilu

oleh
Ketgam : Mahasiswa Fisip UHO Terima Pembekalan Relawan Pemantau Pemilu
Ketgam : Mahasiswa Fisip UHO Terima Pembekalan Relawan Pemantau Pemilu
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KALOSARA NEWS : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Haluoleo (UHO) bersama lembaga pemantau pemilu Sulawesi Tenggara Demokrasi Monitoring (SultraSDemo) menggelar pembekalan pemantauan Pemilihan Umum (Pemilu) di Aula Lakilaponto, Fisip UHO.

Pembekalan itu diikuti sekitar 200 mahasiswa yang akan dilibatkan menjadi pemantau Pemilu 2019 di bawah bendera lembaga Pemantau Sultrademo.

Ketua Jurusan Program Studi Ilmu Politik UHO, Najib Husain, selaku panitia penyelenggara mengatakan, kerja sama yang dilakukan Fisip UHO bersama Sultrademo ini, bertujuan untuk memberikan pendidikan Pemilu pada mahasiswa terkait potret bagaimana kondisi lapangan pada saat hari pemilihan 17 April 2019 mendatang.

“Kita melibatkan mahasiswa sebagai implementasi dari tridarma perguruan tinggi yang salah satunya adalah pengabdian pada masyarakat,” katanya.

Menurut dia, bentuk pengabdian pada masyarakat tersebut dengan cara melibatkan mahasiswa dalam pemantauan pemilu 2019, dalam hal berpartisipasi dalam mengawasi terjaganya suara-suara para pemilih dengan jalan melakukan pemantauan.

“Selain itu, ini juga merupakan rentetan tugas mata kuliah komunikasi politik pada mahasiswa untuk mereka bisa melihat sampai sejauh mana para caleg berpolitik yang baik dan beradab dengan tidak melakukan money politik,” katanya.

Dengan adanya pemantauan itu lanjut Najib, tidak hanya memotret hasil pemilu saja, tetapi juga memotret bagaimana proses pemilu itu sendiri dan salah satunya sudah pasti bisa dipantau di lapangan sehingga kekhawatiran terkait hadirnya suara-suara siluman yang menyebabkan suara cacat, tidak terjadi lagi.

Presidium SultraDemo, Arafat, mengatakan sebagai lembaga pemantau pemilu yang sudah mendapat sertifikasi dari Bawaslu RI, tentunya akan ikut berkontribusi maksimal dalam mengawal pemilu yang aman, lancar, tertib, demokratis dan bermartabat.

“Harapan kita, melalui pemantauan yang kami lakukan ini, nantinya akan ikut menguatkan legitimasi hasil pemilu di daerah ini yang demokratis dengan berasal langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil,” katanya.


Reporter : Afdal

Edito       : Randa

Publizer  : Iksan