,

Raih 6 Emas 3 Perak 1 Perunggu, Konsel Juara Umum STQH Tingkat Provinsi

Ketgam : Penyerahan medali terhadap Kafilah Konawe Selatan
Ketgam : Penyerahan medali terhadap Kafilah Konawe Selatan
  •  
  •  
  •  


KALOSARA NEWS : Pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadist Nabi (STQH) Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) ke- XXV Tahun 2019 yang di selenggarakan di Kota Kendari mulai Tanggal 26 – 30 Maret resmi berakhir, dan kafilah asal Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) dinyatakan dan keluar sebagai Juara Umum pada event keagamaan tersebut.

Kontingen Konsel berhasil meraih Total 6 Emas, 3 Perak, dan 1 Perunggu, yang di sempurnakan dengan mampu menjadi sebagai terbaik pertama pada Pawai Ta’aruf yang diikuti 17 Kab/Kota, yang di laksanakan sehari sebelum dibuka resmi oleh Wakil Gubernur Sultra, Dr. Lukman Abunawas.

Raihan Emas di dominasi pada cabang lomba Tilawah dan Hifzh Al-Qur’an, Musabaqah Hafalan Hadist Nabi dan Tafsir Bahasa Arab serta di lengkapi dengan menyabet emas pada kategory kafilah pawai Ta’aruf terbaik, dengan total nilai keseluruhan 40 poin, dengan rincian Emas 30 point, 9 point Perak dan medali Perunggu 1 point.

Kepastian kemenangan Kafilah Konsel di umumkan dan dibacakan oleh Sekretaris Dewan Hakim Zainuddin, di sela-sela acara penutupan kegiatan pada Sabtu, 30/3/2019 di Aula Bahteramas Kantor Gubernur, sesuai surat keputusan Dewan Hakim No. 02/TH/STQH-Prov/III/2019 yang di tetapkan pada Tanggal 29 Maret 2019.

Dalam sambutannya saat menutup kegiatan STQH, Kepala Kemenag Provinsi Sultra, Dr. H. Abd Kadir, menyampaikan agar pembinaan seni baca Al-Qur’an dan Hadist tidak berhenti di event ini tetapi terus berjalan, olehnya itu, Ia berharap Pemda/Pemkot bersama Kemenag menjaga dan terus meningkatkan kualitas kegiatan tersebut dengan selalu bersinergi secara simultan, terintegrasi dan berkelanjutan.

“Untuk meningkatkan kualitas kegiatan, saya minta langkah konkrit Pemda, yakni dukungan nyata berupa peningkatan pengalokasian penganggaran yang bertumpu pada pembinaan dan pemberdayaan Putra-Putri Daerah di bidang seni keagamaan, sehingga kegiatan yang bersejarah ini karena baru pertama kali Hadist di perlombakan, terus berlanjut demi syiar Islam dan kegiatan yang lebih baik,” tandas Kadir.

“Syukur Alhamdulillah, sistem pembinaan yang telah berjalan di Sultra telah direspon baik dan mendapat apresiasi Kemenag Pusat dan LPTQ Nasional, dengan mempercayai daerah kita sebagai tuan rumah pada lomba MTQ Tingkat Nasional Tahun 2020 mendatang, serta akan mengirim 20 peserta terpilih mewakili Sultra pada STQH Nasional di Pontianak- Kalbar pada Juli 2019 ini,” pungkasnya

Sementara itu, ditemui usai mengikuti Tabligh Akbar di Masjid Al-Alam Kota Kendari, Bupati Konsel, Surunuddin Dangga, mengucapkan syukur Alhamdulillah dan menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada peserta, pengurus dan pihak terkait atas kerja keras serta sumbangsihnya, yang telah mengantarkan dan mengharumkan nama daerah Konsel pada kegiatan keagamaan tersebut.

“Saya berharap prestasi ini dapat dipertahankan dan terus di tingkatkan pada masa mendatang, Pemda akan selalu mendorong kualitas pembinaan seni baca Al-Quran melalui peningkatan pengalokasian penganggaran, di dukung akan dibangunnya Islamic Center tahun ini juga,” ungkapnya.

Yang mana, tanda Surunuddin, kegiatan seperti ini sangat bermamfaat, dan menjadi angin segar dalam mengilhami masyarakat kita agar lebih giat membaca, memahami baca tulis serta menghafal Al-Qur’an, yang juga sebagai tuntunan hidup, dan menjadikan kita pribadi berbudi pekerti luhur, sejalan dengan visi misi Konsel menuju terwujudnya masyarakat yang sejahtera dan religius.

Sementara itu, Wakil Bupati yang juga Ketua LPTQ Konsel, Dr. Arsalim Arifin dalam pesan Whattsappnya, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, sehingga setelah sekian lama turut berpartisipasi pada acara yang sama pada tahun sebelumnya, hari ini Konsel dapat mengukir sejarah dengan berprestasi pada ajang bergengsi tersebut.

“Alhamdulillah, kita bisa raih prestasi luar biasa dan bersejarah ini, yang juga suatu kebanggaan bagi diri dan daerah, tentu berkat perjuangan para peserta yang didukung penuh Pemda bersama Kemenag Konsel,” ucap Arsalim.

Harapan kita bersama, tandas Arsalim, kedepan tetap akan mempertahankan trophy tersebut, dengan mengintensifkan pembinaan kepada para Qari-Qariah kita, dimana, LPTQ Konsel akan lebih berperan aktif melakukan rekrutmen dan juga membangun sinergi dengan kementrian terkait dan lainnya.

Sedangkan menurut penjelasan Kabag Kesra Setda Konsel, Hamlin S Ode Maka, mengatakan bahwa kontingen Konsel meraih medali Emas pada cabang lomba Tilawah 1 Juz dan 5 Juz Putra/i, Hifzh Al-Qur’an 10 Juz, Hafalan 100 Hadist Putra/i dan Tafsir Bahasa Arab Putra (TBA). ” Untuk Medali perak, yakni 1 juz Tilawah Putra, TBA Putri, dan Hafalan 500 Hadist Putra, serta Medali Perunggu cabang Tilawah Anak-Anak Putra.

Untuk diketahui, acara penutupan STQH, mewakili Pemda Konsel, tampak di hadiri Asisten Satu Bidang Pemerintahan dan Kesra, Drs. Sahrin Saudalle, M.Si, Kepala Kemenag Konsel, Adnan Saufi, S.Pd., M.Pd, dan Kabag Kesra Setda, Hamlan S Ode Maka, S.Pd.


Reporter : Rj
Editor : Armin
Publizer : Iksan

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co