Tahun Ini, Dukcapil Kendari Terima 35 Ribu Kartu Identitas Anak

  •  
  •  
  •  

KALOSARA NEWS : Pemerintah Kota Kendari melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) kembali mendapat Kuota Sebanyak  35 ribu Kartu Indentitas Anak (KIA).

35 ribu kuota tersebut akan diprioritaskan kepada anak berusia 0 hingga 5 tahun jadi . Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kependudukan dan Catan Sipil (Dukcapil) Kota Kendari, Halili .Rabu,(24/4/209)

Dirinya menjelaskan Kartu KIA tersebut, merupakan identitas penduduk untuk anak-anak yang memiliki data lebih lengkap dibandingkan akta kelahiran.

“KIA itu untuk umur 0 tahun sampai 17 tahun min 1, tapi kita utamakan dulu anak yang umur-umur PAUD yang sudah punya akte kelahiran dan taman kanak-kanak. Tahun ini kita mulai dulu dengan 35 ribu lembar, bukan KTP elektronik tapi sudah sama dengan KTP anak, infonya lebih detail,”ungkap Halili

Sementara itu, untuk tata cara pengurusnya, Kata Halili sangatlah mudah hanya dengan membawa foto copy akta kelahiran dan kartu keluarga serta mengisi formulir pembuatan KIA.

Saat di konfirmasi terkait manfaat dari mengurus KIA? Halili menjelaskan, Selama ini, proses pengurusan administrasi kependudukan anak saat ini relatif kurang efisien. Misalnya saja untuk mengurus layanan administrasi publik, saat ini anak diminta membawa akta kelahiran bagi yang belum sekolah atau jika anak sudah sekolah identitasnya berupa kartu pelajar.

KTP untuk dewasa dan KIA untuk anak memiliki fungsi yang relatif sama yaitu menjadi tanda pengenal atau bukti diri yang sah saat melakukan pelayanan publik seperti saat mengurus paspor atau keperluan lain yang selama ini menggunakan syarat akta kelahiran.

Akta kelahiran sendiri cukup riskan untuk dibawa-bawa, dalam bentuk selembar akta atau surat yang tidak mungkin dimasukkan dompet sehingga relatif susah dibawa kemana-mana.

Dengan adanya KIA, yang memiliki konsep seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) maka semua identitas akan tercatat dalam kependudukan masing-masing daerah sehingga membuat proses seperti di atas akan lebih mudah dan efisien lagi.


Reporter : Afdal | Editor ; Randa | Publizher : Iksan


Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co