Pemda Konsel Berhasil Tekan Angka Kemiskinan

oleh
Ketgam : Bupati Konawe Selatan Surunuddin Dangga
Ketgam : Bupati Konawe Selatan Surunuddin Dangga

KALOSARA NEWS : Bupati Konawe Selatan Surunuddin Dangga menyebutkan pertumbuhan ekonomi di Daerah yang ia pimpin telah meningkat sebesar 7, 25 persen. Hal itu ia ungkapkan saat membacakan sambutannya pada rapat paripurna istimewa Hari Ulang Tahun Kabupaten Konawe Selatan yang ke 16 tahun.

Dikatakannya, ekonomi kita dalam tiga tahun terakhir terus tumbuh dikisaran rata rata 7,25 persen dengan nilai rata rata PDRB berdasarkan ADK Konstan dalam waktu tiga tahun sebesar 7,1 juta rupiah.

Bukan hanya itu, kata mantan ketua DPRD Konsel ini, pihaknya juga berhasil menekan angka kemiskinan dari 11.14 persen pada tahun 2017 menjadi 10.95 persen pada tahun 2018.

Untuk memberikan jaminan perlindungan bagi keluarga miskin. Surunuddin  juga telah berkoordinasi dengan pemerintah pusat serta mensinergikan program perlindungan melalui anggaran daerah.

Sehingga, kata dia pada tahun 2018 tercatat 43.39 persen masyarakat miskin menerima program Raskin/Rastra/BPNT, 17.98 persen menerima Program Indonesia Pintar. 22,05 persen menerima Kartu Perlindungan Sosial (KPS) Kartu Keluarga Sajahtera (KKS) dan 9,75 persen menerima Program Keluarga Harapan (PKH).

Keadilan ekonomi menurut Surunuddin, sangat menjadi perhatian serius. terutama keadilan bagi 40 persen lapisan masyarakat di bawah.

Bendasarkan data BPS Tahun 2018 tercatat bahwa distribusi pengeIuaran perkapita kelompok 40 persen terbawah dengan pengeluaran Rp 376.288. kelompok 40 persen menengah dengan pengeluaran Rp 800.078. dan kelompok 20 persen teratas dengan pengeluaran Rp 1.666.893. Tapi. upaya mujudkan keadilan serta distribusi pengeluaran bagi seluruh masyarakat Konawe Selatan tidak perah berhenti.

Meski begitu, lanjut Surunuddin Pemerintah Daerah telah merancang berbagai program untuk meningkatkan kesehjateraan masyarakat agar pemerataan pendapatan segera terwujud. Seperti Program Pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) selama tiga tahun terus ia dorong peningkatan kuantitas dan kualitas sebagai salah satu strategi untuk menurunkan masyarakat miskin. 2016 sampai dengan 2018 telah berhasil dibangun 3.871 unit RTLH atau 22 persen.

Tambah Surunuddin, terobosan lain yang ia berikan untuk Konawe Selatan yakni, peningkatan kualitas penggunaan Dana Desa (DD) sejak tahun 2015 sampai dengan 2019 total alokasi Dana Desa tercatat Rp,1,016 Triliun yang di fokuskan untuk perbaikan pelayanan infrastruktur dasar bagi warga desa serta meningkatkan ekonomi produktif yang digerakkan oleh Badan Usaha milik Desa dan pelaku UMKM di desa.

Sedangkan untuk bidang kesehatan,  kata Surunuddin juga terus melakukan perbaikan  sehingga dapat memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas baik fasilitas maupun tenaga kesehatan. Dari sisi fasilitas sampai saat ini telah tersedia 670 unit fasilitas kesehatan.

1 RSUD dengan status BLUD kelas C dan telah terakreditasi, 25 unit Puskesmas 16 diantaranya sudah terakreditasi  dan 9 masih dalam persiapan serta 5 unit puskesmas dengan perawatan plus.

Kata Surunuddin, dalam pembangunan bidang kesehatan terus menunjukkan kondisi postif, dari tahun ke tahun derajat kesehatan masyarakat Konsel semakin baik.

Yakni ditandai dengan menurunnya jumlah angka kematian bayi pada tahun 2017 15 kasus, tahun 2018 9 kasus, sama halnya juga dengan angka kematian balita tahun 2017 19 kasus di tahun 2018 tinggal 11 kasus. Sementara masyarakat yang menggunakan jaminan kesehatan berobat 64,8 persen dan 89.2 persen perempuan yang telah kawin  melahirkan dengan memanfaatkan fasilitas kesehatan.


Reporter : Rj | Editor : Armin | Publizer : Iksan


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
Kalosara News | Be Your Smart