,

Besaran Zakat Fitrah di Konsel Ada Dua Kategori

oleh
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KALOSARA NEWS : Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) , Sulawesi Tenggara (Sultra) telah menetapkan besaran zakat fitrah ramadhan 1440 H 2019 M, besarannya pun dibagi dua kategori.

Kepala Bagian kesejahteraan rakyat  (Kesra) Konawe Selatan Hamlin S Ode Maka menuturkan, rapat bersama yang dihadiri unsur Pemerintah Daerah Konsel, unsur Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) wilayah Konsel, Majelis Ulama Indonesia (MUI) perwakilan Konsel, Menteri Agama (Kemenag) Konawe Selatan menyepakati dan penetapkan besaran zakat fitrah.

Besaran zakat fitrah di Konsel Lanjut Hamlin yakni, dua kategori, kategori pertama bagi masyarakat Konsel yang mengonsumsi beras super maka besaran zakatnya yakni, Rp 35 ribu perjiwa. Sedangkan untuk kategori kedua, masyarakat yang mengonsumsi beras medium yakni Rp 30 ribu perjiwa.

Perhitungan itu kata Hamlin, disesuaikan dengan harga yang berlaku saat ini di Kabupaten Konawe Selatan.

“Perhitungan ini berdasarkan harga pasar dengan takaran 2,5 dan 3,5 liter beras perjiwa,” jelas Mantan Sekretaris Korpri Konsel ini. Senin, 13/05/2019.

Terkait dengan penyaluran zakat, tambah Mantan Kabid di Dinas Koperasi Konsel ini, penyaluran zakat akan dilaksanakan sebelum takbiran dimulai, kenapa dilakukan seperti itu, agar para penerima zakat ini bisa memanfaatkannya sesuai kebutuhan masing masing penerima.

“Jadi zakat fitrah ini di terimah oleh Unit Pengelola Zakat (UPZ) di desa dan kelurahan atau pun masjid, jadi masyarakat muslim ini mengeluarkan zakat melalui UPZ nanti dari UPZ baru dibagikan pada warga penerima, ” jelas Hamlin.

 

Kabag Kesra Konsel,  Hamlin S Ode Maka
Kabag Kesra Konsel, Hamlin S Ode Maka

 

Pengurus UPZ yang ada di desa atau kelurahan, lanjut Hamlin merupakan pengurus UPZ yang di tunjuk oleh pimpinan Baznas yang ada di Kabupaten Konawe Selatan.

“Penetapan zakat ini harus di atur oleh pemerintah, berdasarkan keputusan pemerintah daerah dalam hal ini keputusan bupati Konawe Selatan (Surunuddin-Red) karena ini mengacu pada nilai bahan makanan pokok yang berlaku di Konsel,” lanjutnya.

Setelah mendistribusi seluru zakat pada Mustahiq zakat atau para orang-orang yang berhak menerima zakat, di desa atau kelurahan. Maka UPZ ini akan melapokan ke pimpinan Baznas Kabupaten Konsel.

Sedangkan untuk penerima zakat fitrah kata Hamlin, ada delapan kategori yakni, Al-fuqara (orang melarat), Al Masakin, Al’amilin (Panitia Zakat), Mualaf, Dzur Riqab, Algharim, Fi sabilillah (Almujahidin) dan terakhir Ibnu Sabil.


Reporter : Rj, Editor : Armin, Publiser : Iksan