,

Pembangunan TPA Sampah di Muna Akan Terwujud

oleh
Ketgam : Lokasi yang disiapkan untuk pembangunan TPA Sampah di Desa Motewe/foto: Rasyid Suyoto
Ketgam : Lokasi yang disiapkan untuk pembangunan TPA Sampah di Desa Motewe/foto: Rasyid Suyoto
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KALOSARA NEWS : Menindak lanjuti keluhan masyarakat terkait pengelolaan sampah, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Muna melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) akan membangun Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah modern.

Pembangunan TPA ini didirikan di Desa Motewe, Kecamatan Bata Laiworu, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra). Pembangunan yang direncanakn mulai besok Kamis, 16 Mei 2019 itu dirangakaikan dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Muna L.M Rusman Emba.

“Jadi jika sudah dapat difungsikan nanti sampah organik dan non organik sudah dapat didaur ulang,” kata Kadis DLH Sumi Tahta usai rapat kordinasi di Galampano. Rabu, 15/5/2019.

Terkait kesiapan kata dia, Pihaknya telah menerjunkan tim dari DLH untuk meninjau lokasi serta menyiapkan keperluan lainnya.

“Kita sudah antisipasi semuanya, intinya semua sudah ready. Besok akan dibuka langsung oleh Bupati Muna,”katanya.

Lanjut mantan Kasat Pol-PP ini, untuk pembangunan TPA ini Pemda Muna sendiri hanya menyiapkan lokasi sedangkan pembangunan ini dikerjakan langsung oleh Kementrian PUPR dengan anggaran sekitar 13 miliar rupiah yang berasal dari Anggaran APBN murni.

 

Kadis DLH Sumi Tahta
Kadis DLH Sumi Tahta

 

“Bangunan direncanakan dibangun diatas tanah seluas 8 hektar yang tidak jauh dari perkotaan jadi tidak butuh waktu lama menuju ke penampungan, ” lanjutnya.

Dirinya juga menepis soal isu yang beredar terkait batalnya pembangunan TPA ini, menurutnya hal itu cuman eforia biasa.

“Itu tidak benar, bagaimana mau batal, besok itu sudah dilakukan proses awal dengan peletakan batu pertama oleh Bapak Bupati kita,”cetusnya

Ditempat terpisah Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Balai Provinsi Sulawesi Tenggara, Sugeng mengungkapkan dalam pembanguna TPA ini merupakan bantuan Kementrian PUPR dimana sebenarnya untuk rencana pembangunanya sudah sejak tahun 2018 lalu namun saat itu Muna  terkendala maslah lahan maka direfisi ulang dan dipindahkan ke Kabupaten Konsel.

“Ya tahun ini Muna sudah siap maka kembali diusulkan,”ungkap sugeng

Ia menambahkan , Muna adalah satu-satunya daerah yang mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat untuk Pembangunan TPA sampah. “Insya Allah pembangunan ini direncanakan selesai Desmber, jadi sebelum Desmber sudah harus ada armadanya,”tutupnya.


Reporter : Rasyid Suyoto | Editor : Armin | Publizer : Iksan