BPOM Kendari Akan Sidak  Pedagang Parsel

Kepala BPOM Kendari, Drs. Leonard Duma
Kepala BPOM Kendari, Drs. Leonard Duma
  •  
  •  
  •  

KALOSARA NEWS : Dalam rangka memastikan agar barang dan makanan yang dijual di pasaran sebelum lebaran aman untuk di konsumsi masyarakat Sulawesi Tenggara, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) akan mengintensifkan pengawasan terhadap produk pangan. Satu diantaranya adalah pengawasan parsel  kepada pelaku usaha.

Kepala BPOM Kendari, Drs. Leonard Duma menjelaskan, pemeriksaan nanti menjelang lebaran  akan difokuskan pada isi parsel. Senin, (20/5/2019).

” Menjelang lebaran kita akan melakukan pengawasan  parsel kepada para pelaku usaha dan pedagang karena parsel  ini juga perlu  kita akan awasi,” jelas dia.

Menurutnya, pemerikasaan tersebut bukan berarti tidak mempercayai para pedagang, namun kerapa banyak ditemukan dalam memon jelang lebaran ada oknum – oknum yang sengaja memamfaatkan situasi.

“Kita tidak suudzon kepada pelaku usaha tapi kadang kala ada yang memamfaatkan situasi tersebut. Karena bisa saja produk yang sudah kada luarsa dimasukan dalam parsel, kan penerima  tidak bisa memeriksa,” ungkapnya.

Pemeriksaan tersebut, kata Leonard Duma berdasarkan dengan amanat undang- undang pangan Nomor  18 tahun 2012 yang memungkinkan untuk meminta pelaku usaha untuk membuka kemasan parsel untuk dilihat.

“Kita berharap agar masyarakat Sultra   menjadi konsumen yang cerdas yang selalu cek lik, cek kemasan  label dan izin usaha sebelum mengkonsumsi makanan tersebut,” tutup Leonard Duma.


Reporter : Afdal | Editor : Armin | Publizer Iksan


 

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co