Banjir Melanda Konawe Utara, Jalan Trans Sulawesi Lumpuh Total

Ketgam : Suasana banjir di Konawe Utara yang membuat jalan trans Sulawesi lumpu total/foto : Asman
Ketgam : Suasana banjir di Konawe Utara yang membuat jalan trans Sulawesi lumpu total/foto : Asman
  •  
  •  
  •  

KALOSARA NEWS :  Banjir kembali melanda Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara minggu dini hari (2/6/19). Banjir yang merendam beberapaa Desa di Konawe Utara yakni, Desa Mopute, Lino Moio, Walalindu, Tapuwatu, Andowia, Polora Indah dan Wanggudu.

Hujan yang mengguyur dengan intensitas tinggi beberapa hari di Konawe Utara membuat beberapa Sungai besar di Konut meluap hingga menyebabkan banjir bandang. Akibat dari banjir bandang tersebut membuat akses jalanan terputus merupakan jalur trans Sulawesi lumpuh total.

Sampai saat ini pemerintah daerah Konut masih melakukan penanganan di bantu oleh BPBD Konut. Bahkan Bupati Konawe Utara Ruksamin telah memerintahkan dinas terkait untuk berisiaga.

Adapun intruksi orang nomor satu di Konawe utara yakni,

  1. Kepala BPBD, Kadis Sosial, PU, Perhubungan,Kesehatan untuk membuat POSKO BERSAMA Tingkat Kabupaten yang berfungsi menerima laporan kebencanaan dan merencanakan terkait berbagai kebutuhan serta memberikan respon dan langkah proporsional secara cepat dan tepat. Kepala BPBD selaku ketua tim senantiasa memberikan laporan kepada pimpinan daerah secara berkala terkait perkembangan kebencaan ini.
  2. Kepada seluruh Camat se Kabupaten Konawe Utara untuk membangun komunikasi dengan jajaran Koramil, Polsek dan Stake holder lainnya serta seluruh jajaran lurah dan kepala desa di wilayah masing-masing untuk menyampaikan laporan kebencanaan pada kesempatan pertama serta melakukan upaya-upaya pertolongan pertama kepada masyarakat yang terdampak serta menghimbau untuk bergotong royong melakukan penangan pertama serta tidak panik dan gaduh.
  3. Khusus Kadis Kesehatan agar menginstruksikan jajaran RSU dan Puskesmas di masing-masing wilayah untuk siaga 24 jam. Logistik obat direncanakan cukup untuk persediaan baik di RSU dan di puskesmas.

Reporter : Asman | editor : Randa | Publizer Iksan


 

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co