1.120 Unit Rumah Tak Layak Huni di Muna Bakal Direhap

Ketgam : Bupati Muna Rusman Emba saat menyerahkan secara simbolis tabungan rekening bantuan rumah BSPS kepada warga/foto: Rasyd Suyoto
Ketgam : Bupati Muna Rusman Emba saat menyerahkan secara simbolis tabungan rekening bantuan rumah BSPS kepada warga/foto: Rasyd Suyoto
  •  
  •  
  •  

Reporter : Rasid Suyoto | Editor : Armin | Publizer : Iksan


KALOSARA NEWS : Dibawa kepemimpinan Bupati Muna Rusman Emba, Daerah Sowite tersebut kembali mendapat Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) terbanyak di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Besarnya kuota BSPS di Muna tidak terlepas dari buah tangan Rusman Emba. Dari hasil upaya komunikasinya di pusat Muna kembali mendapat bantuan rehab rumah sebanyak 1.120 unit yang tersebar di 18 kecamatan 56 desa/kelurahan.

“Provinsi Sulawesi Tenggara mendapat BSPS sebanyak 5.000 unit, dari 17 kabupaten/kota di Sultra, Kabupaten Muna mendapat kuota sebanyak 1.120 unit,” ungkap Kepala Satuan Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Sultra, Eka Rahendra disambutanya dalam Sosialisasi dan Serah Terima Buku Tabungan BSPS, di SOR La Ode Pandu Raha, Senin, 8 Juli 2019.

Kata Eka, programtersebut diperuntukan masyarakat yang memiliki penghasilan rendah dengan tujuan meningkatkan kualitas hunian yang dianggap tak layak.

Ia juga manyampaikan, setiap penerima BSPS mendapat anggaran rehab sebesar 17,5 juta 15 juta diperuntukan ongkos material sedang 2,5 juta untuk upah tukang. “Kali ini anggarannya naik dengan besaran 17,5 juta dari tahun 2018 yang cuman 15 juta,”ungkapnya.

Sedang pencairannya Eka menjelaskan, pihaknya bekerja sama dengan Bank Sultra dalam bentuk buku tabungan.  Olehnya itu dengan adanya program bedah rumah ini dapat membantu masyarakat dalam memberikan kelayakan huniannya.

“Untuk pelaksanaan pengerjaanya diserahkan oleh masyarakat. Meski demikian dalam penggunaan anggaran akan terus diawasai pihak penegak hukum,”jelasnya

Sementara itu Bupati Muna L.M Rusman Emba mengatakan, besarnya kota BSPS yang didapat Kabupaten Muna merupakan hasil kerja keras semua pihak. “Ini adalah hasil kerja keras kita semua, terlebih tokoh-tokoh daerah di DPR RI seperti Ridwan Bae. Saya berharap silaturahmi tetap terjaga demi keberlangsungan Muna kedepan,”tambahnya.

 

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co