, ,

STR dan Sertifikat Kompetensi, Jadi Syarat Menjadi Perawat

oleh
Ketgam : Direktur Stikes Karya Kesehatan Kendari ,Muhammad Saiful Saehu (Foto: Hendra)
Ketgam : Direktur Stikes Karya Kesehatan Kendari ,Muhammad Saiful Saehu (Foto: Hendra)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Reporter : Hendra | Editor : Af | Publizer : Afdal


KALOSARANEWS : Surat Tanda Registrasi (STR) dan Sertifikat Kompetensi kini menjadi syarat seseorang untuk menjadi perawat baik pada tingkat Puskesmas maupun pada tingkat Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

Hal itu diungkapkan, Direktur Stikes Karya Kesehatan Kendari ,Muhammad Saiful Saehu saat ditemui awak media mengatakan, Str dan Sertifikat menjadi sebuah kewajiban alumni yang mengambil jurusan perawat untum  menjadi  seorang perawat yang bekerja di tenaga keperawatan.

” Sekarang kalau orang mau kerja itu harus berkompeten. Kompeten itu di buktikan dengan adanya sertifikat kompetensinya dan Str, jadi mereka harus melakukan uji kompetensi yang dilaksanakan oleh  institusi dengan organisasi profesi, dengan pemerintah,” ungkap Saiful, Rabu (10/7/2019)

Menurutnya, Setiap perawat di rumah sakit tidak bisa serta merta bekerja kalau tidak ada STR karena itu sama dengan ijazah.

“Kalau dulukan orang gampang kalau mau cari kerja syaratnya ijazah dan transkip sudah selesai, sekarang juga untuk bidang-bidang ilmu yang lain masih seperti begitu. Tapi kalau di bidang kesehatan itu sudah tidak bisa,”

Lebih lanjut, Sementara untuk syarat mengeluarkan STR ialah sertifikat kompetensi karena belum tentu itu satu kali ujian kompetensi langsung lulus.

“Kadang-kadang orang ujian dua sampai tiga kali, mungkin ada yang puluhan kali baru bisa lulus. Setelah itu kalau dia mau kerja di kKabupaten/ Kota dia harus urus surat izin kerja (SIK) di dinas kesehatan provinsi atau kabupaten di tempat dia kerja syaratnya STR dengan sertifikat kompetensi,”

Sehingga dengan dasar itulah, diharapkan mampu  menghasilkan tenaga kesehatan yang profesional.

“Kompetensinya mereka itu bukan di tentukan oleh ijazahnya, tapi juga ada surat-surat lain yang memperkuat tanda registrasinya bahwa ini bukan sembarangan sudah di registrasi semua,” tandasnya (B)