Pasar Laino Belum Rampung, Pemda Muna Kembali Usul yang Baru

oleh
Ketgam : Kondisi terkini Pasar Laino Kabupaten Muna
Ketgam : Kondisi terkini Pasar Laino Kabupaten Muna
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KALOSARA NEWS : Janji untuk menempatkan para pedagang setelah lebaran idul fitri 2019 baru-baru ini di gedung pasar laino tak kunjung direalisasi. Sudah memasuki  lebaran idul adha para pedagang masih menempati los-los sadanya pasar saat ini.

Sedangkan gedung pasar Sentral Laino sendiri hingga kini belum tuntas juga dibenahi,  seperti atap yang bolong, pintu kios, begitu juga dengan dinding gedung yang pecah-pecah.

Anehnya lagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna malah mengusulkan untuk membangun gedung baru daripada harus membenahi gedung yang ada.

“Kita sejujurnya belum siap untuk memasuki gedung pasar itu, kalau dipaksa bisa jadi bikin masalah baru lagi karena masih banyak yang perlu dibenahi,” ungkap Kepala Disperindag Muna, La Taha saat ditemui diruang kerjanya, pada Senin, 5/8/2019.

Kata dia, pihaknya sudah melakukan pengusulan pembangun pasar baru melalui anggaran perubahan dengan alasan bangunan gedung pasar Laino saat ini tidak dapat menampung seluruh pedagang.

“Data penjual itu sekitar 775 pemilik kios jadi untuk gedung sekarang tidak mencukupi jadi kita butuh bangunan tambahan,” kata La Taha.

Sedangkan kepastian untuk menempati gedung pasar sentral laino, La Taha belum berani menyatakan kapan kepastian waktunya. Pihaknya pun sudah mendapatkan hasil informasi soal hasil uji LAB terkait struktur gedung pasar tersebut.

“Insya Allah Gedung pasar Laino layak difungsikan, Saya belum bisa bicara pasti kapan dimasuki tunggu setelah dibenahi,”pungkasnya.