, ,

Manfaatkan Dana Desa, Kades  Laloika  Penuhi Kebutuhan Masyarakat Melalui Infrastruktur

oleh
Ketgam : Kades Laloika, Wawan Setiawan
Ketgam : Kades Laloika, Wawan Setiawan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Reporter : Wahyudin | Editor : Af | Publizer : Admin


KALOSARANEWS : Pemerinta Desa Laloika, Kecamatan Pondidaha, Kabupaten Konawe, Wawan Setiawan mengaku telah mengoptimalkan pembangunan Desa yang selaras dengan kebutuhan masyarakat.

“Bantuan Pemerintah melalui Dana Desa memang kita  fokuskan pada insfratruktur dan pembangunan Sumber Daya Manusia,” ujar Wawan kepada wartawan, Selasa, (30/7/2019)

Pembangunan itu, kata dia, pada tahun 2019 ini. Telah merelaisakan dana desa melalui pengadaan Deker Plat, MCK Sumur Gali,TPQ, Drainase, Jalan Usaha Tani  dan Talut.

” Pembangunan yang kami lalukan pada tahun ini, merupakan  keputusan Musrembang dan memang kita membangun sudah sesuai kebutuhan masyarakat,” jelas dia

Lanjut, sementara pada sektor pengembangan Sumber Daya Manusia, dirinya sudah membangun melalui  Taman Pengajian Al-Qur’an .

“Insyaallah Allah kita upayakan, Desa Laloika ini merupakan Desa yang lebih maju kedepanya melalui bantuan pemerintah pusat melalui Dana Desa,” ucap Wawan

Selain Dana Desa, Desa Laloika juga sejak pada tahun 2018 telah menerima bantuan pemerintah pusat melalui program 101 bantuan perumahan dari Kementerian PUPR.

” Kita pada tahun 2018 mendapatkan bantuan perumahan sebanyak 101 rumah dan di tahun 2019 kembali mendapatkan bantuan perumahan sebanyak 20 rumah,”

Tak hanya itu, Desa binaanya  Juga mendapatkan Program Peseo yang meliputi bantuan pembangunan, Jalan Usaha Tani , deker plat dan jembatan dengan anggaran yang didapatkan sebanyak Rp 600 juta.

” Untuk rumah masyarakat setelah adanya berbagai bantuan pemerintah,  kita menargetkan pada tahun 2020, kita  akan tuntaskan agar bisa menjadi rumah layak pakai,” tuturnya

Hal itu, Kata dia, merupakan bentuk semangat pemerintah dan masyarakat dalam mengembangkan pembanguna Desa.

” Allhamdulillah dengan adanya dana desa ini, pembangunan Desa Laloika sudah mulai meningkat dan dapat dirasakan oleh masyarakat sekitar, ini merupakan bentuk kerjasama antar pemerintah dan masyarakat dalam mewujudkan pembangunan yang efisien lagi,”

Olehnya itu, dirinya menargetkan kedepanya melalui Pemberdayaan BUMDES, dirinya akan menargetkan akan melakukan pengembangan.

” Sebenarnya kami ini ingin lebih fokus mengembangkan BUMDES karena program BUMDES ini dapat membantu pengembangan dana desa,”