,

Pilkades di Konsel Masuk Tahapan Pendaftaran

Ilustrasi Pilkades
Ilustrasi Pilkades
  •  
  •  
  •  

Reporter : Af | Editor : RJ | Publizher : Iksan


KALOSARANEWS : Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Konawe Selatan pada Desember 2019 mendatang sudah memasuki tahap pendaftaran dan penyerahan berkas bakal calon kepala desa.

Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Pemerintahan Desa DPMD Kabupaten Konawe Selatan, Asmurdani Tonga, saat ditemui awak media, Senin (14/10/2019)

Kini tahap pendaftaran pencalonan kepala desa telah memasuki pendaftaran sejak 14 sampai 22 Oktober 2019.

“Jadi untuk tahapan Pilkades kini  sudah memasuki pendaftaran, setelah melewati tahapan penyusunan dan pengumuman DPS, DPTam dan DPT,” ujar Asmurdani.

Untuk tindak lanjut pendaftaran, Asmurdani menjelaskan berkas pendaftaran pencalonan bakal calon kades nantinya akan akan melewati proses verifikasi. Dan proses lanjutan berkas tersebut akan dikembalikan kepada balon bersangkutan apabila masih memiliki kekurangan.

Ia juga tidak menambahkan untuk panitia Pilkades serentak 2019 ini,pihaknya sudah membentuk jalur koordinasi melalui  WhatsApp group khusus kepanitian.

Tercatat, total desa yang akan menggelar Pilkades serentak 2019 ini terdapat  127 desa. Untuk pemungutan suara sendiri akan jatuh pada 28  Desember 2019.

Terhadap Daftar Pemilih Tetap (DPT) juga sudah diumumkan pada 11 -13 Oktober yang lalu. “Untuk data DPT itu ada di panitia masing-masing desa. Seluruh DPT ditentukan oleh panita yang disaksikan oleh perangkat desa,” ujar Asmurdani.

Walaupun demikian , bahwa tidak menutup kemungkinan bahwa akan ada DPT tambahan. “Misalnya ada yang sudah berumur 17 saat pemilihan. Dia bisa ikut memilih di desa tersebut dengan membawa KK, KTP, dan berkas lainnya. Jadi dia tidak mendapat undangan,” ujarnya. (B)

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co