, ,

Tak Tepati Janji, Puluhan Masyarakat Pondidaha Datangi  Pabrik Kelapa Sawit

Ketgam : Puluhan Masyarakat saat menduduki perusahan pabrik kelapa sawit di Desa Wowalahambuti, Kecamatan Pondidaha, Kabupaten Konawe.
Ketgam : Puluhan Masyarakat saat menduduki perusahan pabrik kelapa sawit di Desa Wowalahambuti, Kecamatan Pondidaha, Kabupaten Konawe.
  •  
  •  
  •  

Reporter : Afdal| Editor : Randa | Publisher : Iksan


KALOSARANEWS : Puluhan masyarakat yang tergabung dalam pergerakan Forum Ana Wonua  Kecamatan Pondidaha, Kabupaten Konawe hari ini mendatangi perusahaan PT. Utama Agrindo Mas (UAM)  yang bergerak dibidang pabrik kelapa sawit di Desa Wowalahambuti, Kecamatan Pondidaha, Kabupaten Konawe.

Kedatangan puluhan masyarakat yang tergabung dalam forum Ana Wonua itu menuntut pihak perusahaan agar mempekerjakan masyarakat sekitar di perusahaan tersebut.

” Sejak beroperasi hingga sampai saat ini banyak masyarakat lokal yang tidak dipekerjakan dalam perusahaan tersebut,” ungkap Kordinator lapangan Hendrik, Senin (18/11/2019)

Lebih lanjut, padahal sebelumnya kata Hendrik pihak manajemen perusahaan PT. UAM saat melaksanakan sosialisasi pendirian pabrik kelapa sawit kepada masyarakat telah berjanji akan merekrut karyawan lokal dengan pembagian 70 persen masyarakat lokal yang terdiri dari dua Desa yakni Desa Wowalahambuti dan Wawolemo. Dan 30 persen masyarakat luar.

Olehnya itu. Bersama masyarakat yang tergabung dalam forum Ana Wonua itu. menutut agar pihak pihak perusahaan untuk memprioritaskan masyarakat desa wowalahambuti dan wawolemo, memprioritaskan pemilik lahan tempat kedudukan pabrik dalam rekrutmen karyawan PT.UAM, transparansi  dalam memberikan informasi terkait tahapan-tahapan perekrutan karyawan, meninjau ulang sistem pendaftaran sampai dengan proses rekrutmen karyawan yang dinilai tidak sesuai dengan janji perusahaan, memberikan akta hibah tanah kepada pemilik lahan dan memulangkan kembali pimpinan perusahaan dan pimpinan project.

Pantauan awak media, puluhan
Masarakat yang tergabung dalam forum Ana Wonua sempat memblokade jalan masuk pabrik, akibat pihak menajemen pabrik tidak mau menemui masa aksi yang tergabung di tiga desa yakni Desa Wawolemo, Ulu lahunggubi dan Lawonua. (B)

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co