,

Bawaslu Konsel : Peran Media Sangat  Dibutuhkan Dalam Pilkada

oleh
Ketgam : Bawaslu Konsel saat menggelar Rapat Dalam Kantor (RDK) tentang peliputan, Dokumentasi dan Pengelolaan media di Sekretariat Bawaslu Konsel bersama jurnalis.
Ketgam : Bawaslu Konsel saat menggelar Rapat Dalam Kantor (RDK) tentang peliputan, Dokumentasi dan Pengelolaan media di Sekretariat Bawaslu Konsel bersama jurnalis.
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Reporter : Afdal | Editor : RJ | Publisher : Iksan


KALOSARANEWS ; Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Konawe Selatan mengajak para Jurnalis yang berada di Konsel untuk memperkuat pengawasan jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 2020 mendatang.

Hal ini disampaikan Ketua Bawaslu Konsel, Hasni, S.Pi saat menggelar Rapat Dalam Kantor (RDK) tentang peliputan, Dokumentasi dan Pengelolaan media di Sekretariat Bawaslu Konsel, Senin (2/12/2019)

Menurut Hasni, Bawaslu Konsel dalam menjalankan tugasnya sebagai Badan Pengawasan Pemilu tidak bisa lepas dari kerjasama antara lembaga, baik organisasi masyarakat maupun pers.

“Pemilihan Kepala Daerah. Bukan hanya pihak KPU dan Bawaslu yang terlibat, namun pers juga sangat dibutuhkan perannya dalam memberikan edukasi kepada masyarakat, agar pilkada nanti dapat berjalan jujur dan damai,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Sebagai mitra pada Pemilukada nanti, media sangat berperan dalam melakukan pendidikan politik kepada pemilih, untuk mencegah terjadinya  Money politic, berita bohong dan ujaran kebencian.

Sementara itu. Milwan selaku pemateri dalam kegiatan tersebut menambahkan, bahwa tugas jurnalistik adalah mencari, mengelola dan menyampaikan suatu pemberitaan, bukan terlibat sebagai tim pemenangan salah satu Calon Bupati.

” Dalam menjalankan tugas wartawan sudah dibekali ilmu dan pengetahuan. selain itu Wartawan juga harus mematuhi undang-undang dan kode etik jurnalistik, agar tidak berpihak kepada salah satu calon,” (B)