Tertibkan LPJ Dana BOS, Dikmudora Sosialisasi ke Kepala Sekolah

  •  
  •  
  •  

Reporter : Utha, Editor : Armin, Publisher : Iksan


KALOSARA NEWS : Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) mulai menata sistem administrasi keuangannya agar lebih baik lagi. apalagi  di tahun ini pemerintah daerah Koltim  berhasil menerima predikat WTP. tentu itu dasar untuk mempertahankan di tahun-tahun mendatang

Ketgam : Surya Hutapea, Kadis Dikmudora Koltim.
Ketgam : Surya Hutapea, Kadis Dikmudora Koltim.

Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) bersama Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Sulawesi Tenggara (Sultra) gelar sosialisasi Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) terkait dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di aula Pemerintah daerah setempat, Kamis (19/12/2019).

Kegiatan yang di ikuti 181 kepala sekolah ini di harapkan mampu menyajikan pembuatan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) tetap waktu setiap akhir triwulan. Hal tersebut sesuai mekanisme pencairan dana BOS yang dilakukan setiap tiga bulan sekali.

” Kita menginginkan semua kepala sekolah ini tidak mengalami kesalahan dalam melaporkan setiap tiga bulan penggunaan anggaran dana BOS nya. Karena kita tahu anggaran ini di kelolah sendiri oleh kepala sekolah sesuai rencana penggunaan BOS pertriwulan,” kata Surya Hutapea, Kadis Dikmudora Koltim kepada Kalosaranews.com.

Di jelaskan Surya, LPJ dana BOS ini penting di setorkan setiap akhir triwulan penggunaan anggaran, sebab salah satu syarat pencairan BOS berikutnya harus tuntas LPJ sebelumnya.

“Dipending dan tidak akan di cairkan dana BOSnya kalau LPJ sebelumnya belum tuntas, karena salah satu syarat LPJ harus tuntas terlebih dahulu, apa lagi saat ini Koltim sudah WTP maka laporan pertanggung jawaban seperti ini harus di permantap,” terang Surya.

Di tempat yang sama, Kepala BKD Koltim, Marta Hutapea, menyampaikan bahwa pertanggung jawaban Dana BOS harus sesuai dengan realisasi penggunaan anggaran dengan melampirkan seluruh rincian kegiatan yang telah di realisasikan.

“Realisasi penggunaan anggaran dan BOS harus dirincikan penggunaanya, sebab setiap pengeluaran akan di kenakan pajak,” terang Marta Hutapea. (b)

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co