Berkat Sorgum, 30 Hektar Lahan Kosong Koltim Kembali Produktif

Ketgam : Bupati Koltim panen perdana tanaman sorgum.
Ketgam : Bupati Koltim panen perdana tanaman sorgum.
  •  
  •  
  •  

Reporter : Utha, Editor : Armin, Publisher : Iksan


KALOSARA NEWS : Bupati Kolaka Timur (Koltim) Tony Herbiansyah bersama Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Peternakan, Lazky Paemba melaksanakan panen perdana tanaman sorgum di perkebunan masyarakat di Kecamatan Tinondo, Desa Lamunde, Selasa (21/01/2020).

 

Ketgam : Bupati Koltim panen perdana tanaman sorgum.
Ketgam : Bupati Koltim panen perdana tanaman sorgum.

Tanaman yang baru di budidayakan seluas 30 hektar di wilayah ini, merupakan inisiasi pemerintah daerah Koltim melalui Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Peternakan Koltim, untuk di budidayakan di wilayah Kecamatan Tinondo sebagai lahan percontohan.

” Tanaman Sorgum ini kita akan kembangkan di Koltim.” kata Tony.

Untuk itu, pemerintah daerah akan menyiapkan lahan seluas 100 hektar untuk ditanam massal tanaman sorgum ini, dengan luas lahan yang di siapkan pemerintah ini di harapkan Koltim menjadi lumbung sorgum pertama di jazirah Sulawesi Tenggara (Sultra)

“Selain bantuan APBN untuk pertanian, Pemda Koltim juga akan menganggarkan melalui APBD seluas 100 hektar, melihat potensi lahan kosong di sini (Lamunde Red) masih banyak maka Partai Nasdem juga akan berkontribusi membantu mengembangkan tanama sorgum ini.” ungkap Tony.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Peternakan, Lazky Paemba, mengapresiasi petani sorgum yang baru di binanya. Ia tidak menyangka berbekal 30 buah bibit Sorgum dari Kabupaten Bogor ternyata dapat di kembangkan di wilayah Koltim.

“Jadi tanaman sorgum yang kaya akan manfaat dan kesehatan ini bisa ada di Koltim berkat masyarakat Desa Lamunde yang di utus ke Bogor untuk pelatihan penanaman Sorgum. Berbekal 30 biji Sorgum inilah sehingga lahan seluas 30 hektar ini produktif dengan tanaman sorgum ini,” ungkap Lazky.

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co