,

Pemilihan Tunas Bahasa Tolaki, Program Perdana Kantor Bahasa Sultra

  •  
  •  
  •  

Reporter : Taufic | Editor : Randa | Publizer : iksan


KALOSARA NEWS : Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara (Sultra) mengadakan Pemilihan Tunas Bahasa Tolaki 2020. Hal tersebut merupakan program pertama kalinya dalam menyambut Hari Bahasa Ibu yang akan dilaksanakan pada 21 Februari 2020 mendatang.

Program ini juga dilaksanakan upaya kantor Bahasa Sultra (KB) dibawa nahkoda Sandra Safitri  untuk melestarikan Bahasa Tolaki dikalangan milenilal.

Kepala Kantor Bahasa, Sandra Safitri menjelaskan, Pemilihan Tunas Bahasa Tolaki merupakan salah satu upaya revitalisasi bahasa daerah oleh para pelajar SMA.

Kata Dia, duta Tunas Bahasa Tolaki nantinya akan mengemban misi revitalisasi bahasa daerah. para peserta Tunas Bahasa Tolaki 2020 ini diharapkan dapat membantu menyebarkan pemahaman pentingnya berbahasa daerah Tolaki.

Menurut Sandra Safitri eksistensi bahasa daerah Tolaki di kalangan anak muda saat ini mulai surut. Hal ini terlihat dari penggunaan bahasa tidak baku (bahasa gaul) dan bahasa asing yang sering kali ditemui di lingkungan mulai dari remaja atau pelajar di tingkat sekolah menengah pertama, atas sampai perguruan tinggi.

Terkait dengan Pemilihan Tunas Bahasa Tolaki 2020, Ketua Panitia Mifta Huzaena menjelaskan pendaftaran peserta Pemilihan Tunas Bahasa Tolaki dimulai pada 8  Januari–7  Februari 2020.

Kemudian kata dia, 10 Februari akan ada pengumuman seleksi berkas. Peserta yang lolos akan mengikuti sesi wawancara pada tanggal 13–14 Februari 2020. Empat puluh finalis terpilih akan diumumkan pada 15 Februari 2020.

“ finalis Tunas Bahasa Tolaki akan mengikuti rapat teknis pada 17 Februari 2018. Tahap akhir Pemilihan Tunas Bahasa Tolaki akan dilaksanakan pada tanggal 19–21 Februari 2020,” ungkap Mifta pada wartawan www,kalosaranews.com

Untuk menyukseskan Pemilihan Tunas Bahasa Tolaki 2020, Kata Mifta Huzaena saat ini, pihkanya sudah melakukan sosialisasi ke berbagai sekeloh yang ada di Sultra dan Program ini juga sangat didukung oleh masyarakat Suku Tolaki dan Dinas Pendidikan Provinsi Sultra.

“Pemenang putra dan putri akan mendapatkan hadiah dari Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara berupa uang pembinaan, piala, dan sertifikat,” ungkap Mifta. Selasa, 21/01/2020.

mengenai persyaratan dan perlengakapan berkasnya bisa langsung klik di

https://kantorbahasasultra.kemdikbud.go.id/berita-pemilihan-tunas-bahasa-tolaki-2020.html

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co