Bupati Konawe Khawatir Virus Corona Masuk Melalui TKA Jalur Laut

Ketgam: Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa/Foto : Randa Kalosara News
Ketgam: Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa/Foto : Randa Kalosara News
  •  
  •  
  •  

KALOSARA NEWS : Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa khawatir virus corona masuk di Kabupaten Konawe melalui jalur laut. Hal itu mengingat adanya tenaga kerja PT.VDNI asal China yang masuk dengan jalur tersebut.

Menurut Kery untuk jalur udara sudah aman. namun ia tetap khawatir dengan TKA yang masuk melalui jalur laut.

“Kemarin di laporkan jalur udara itu sudah aman, tapi perlu kita ketahui di Kecamatan Morosi (VDNI-Red) banyak TKA ilegal yang masuk dengan jalur kapal, ” ungkap Kery usai memimpin rapat pencegahan virus corona bersama Forkopimda Konawe. Senin, 27 Januari 2020.

Pencegahan penyakit di Kabupaten Konawe, Kata Kery sejalan dengan adanya Peraturan Daerah (Perda) nomor 13 tahun 2018 tentang pemeriksaan kesehatan dan penyakit menular bagi tenaga kerja asing di Kabupaten Konawe.

Ketgam : Rapat antisipasi penyebaran virus corona
Ketgam : Rapat antisipasi penyebaran virus corona

Kery menyebutkan berdasarkan data yang ada di Dinas Nakertrans Konawe, jumlah TKA yang bekerja di VDNI berjumlah 744 orang.

Terkait dengan pemeriksaan kesehatan bagi TKA Karyawan PT VDNI di Kecamatan Morosi. kata Kery Pemda Konawe masih kekurangan alat pemeriksaan.

“Kita punya alat tes kesehatan itu (tembak) belum ada, kalau kita pake alat pengukur suhu, itu sangat banyak yang akan kita siapkan. Inilah juga yang akan kita konsultasikan ke gubernur agar Pemerintah Daerah Konawe diberikan alat pemeriksaan itu,” tambah Kery.

Kery menyebut, celah karyawan TKA ilegal masuk di PT.VDNI di Kecamatan Morosi sangat besar. hal itu disebabkan adanya pelabuhan bongkar muat di Morosi.

“celahnya ada, karena sudah ada bongkar muat kapal. bahkan tongkang ada sekitar tujuh ratusan yang beroperasi,” tutup manatan Ketua DPRD Konawe ini. (B)

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co