BPS Sultra Gelar Sosialisasi IHK dan NTP Tahun Dasar 2018

  •  
  •  
  •  

Reporter : Hendra. Editor : Armin . Publisher : Iksan


KALOSARA NEWS : Badan Pusat Statistik (BPS) Sultra menggelar sosialisasi pemutakhiran diagram timbang Indeks Harga Konsumen (IHK) dan Nilai Tukar Petani (NTP) tahun dasar 2018 di aula setempat. Selasa (03/02/2020).

Indeks Harga Konsumen (IHK) merupakan salah satu data BPS yang menjadi dasar penentuan kebijakan pemerintah. Perhitungan IHK memerlukan bobot atau diagram timbang dan perubahan harga sekeranjang paket komoditas.

Kepala BPS Sultra Mohammad Edy Mahmud mengatakan, pemutahiran diagram timbang IHK 2018 ini dalam rangka menyempurnakan metodologi berdasarkan standar penghitungan indeks harga konsumen sesuai buku Consumer Price Indeks Manual yang menjadi rujukan United Nations. Inflasi/deflasi merupakan persentase perubahan IHK, kegunaan IHK diantaranya sebagai indeks upah, perkembangan nilai uang, asumsi APBN, dan sebagai salah satu indikator bagi pemerintah untuk melihat pertumbuhan ekonomi.

Sementara itu Edy Mahmud juga menambahkan, Nilai Tukar Petani (NTP) menunjukan daya tukar dari nilai produk pertanian yang di hasilkan terhadap biaya produksi dan barang/jasa yang di konsumsi, pervamdingan antara indeks harga yang diterima petani terhadap indeks harga yang dibayar petani dikalikan angka 100. Indeks harga yang diterima petani dan indeks harga yang di bayar petani dihitung menggunakan tahun dasar 2012=100.

Dalam penghitungan indeks harga, tahun dasar harus direvisi secara berkala untuk mencerminkan perubahan struktural yang terjadi dalam suatu perekonomian terutama dalam pola produksi, pola biaya produksi, dan pola konsumsi rumah tangga pertanian. Perlu dilakukan Survei Penyempurnaan Diagram Timbang Nilai Tukar Petani (SPDT-NTP) dalam rangka perubahan tahun dasar indeks harga tersebut. (B)

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co