Adanya Tragedi Penikaman, PT VDNI Dinilai Amburadul

oleh
Iwe
Iwe
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KALOSARA NEWS : Tragedi penikaman yang dialami Bahar salah seorang karyawan PT Virtue Dragon Nikel Industri (PT.VDNI) bagian Humas sangat disayangkan oleh keluarga korban.

Iwe yang merupakan keluarga korban dan pelaku penikaman tersebut angkat bicara. Dikatakannya, ia sangat menyesalkan PT VDNI dalam menyikapi permasalahan yang terjadi disekitar wilayah lingkar tambang Morosi.

“Saya tegaskan disini baik pelaku maupun korban pada prinsipnya mereka sama-sama adalah korban dari amburadulnya PT VDNI secara kelembagaan dalam mencari solusi terhadap permasalahan-permasalahan yang terjadi,” kata Iwe, Minggu, 09/02/2020.

Kata Pengurus KAHMI Konawe ini, PT VDNI tentunya punya penasehat hukum dalam menelaah setiap permasalahan yang ada.

“Harusnya ketika terjadi permasalahan pemalangan yang dilakukan oleh warga maka pihak perusahaan harusnya menempuh jalur hukum dengan melaporkan kepada pihak yang berwajib, nanti kemudian pihak berwajib yang turun kelapangan memediasi penyelesaiannya,” katanya.

Malah lanjut Iwe, ini justru mengirimkan Humasnya yang punya permasalahan sebelumnya dengan pelaku. Tentunya hal itu bisa memicu terjadinya konflik.

Menurut staf pribadi Bupati Konawe ini, konflik seperti ini tidak akan terjadi bila pihak perusahaan jeli dalam mencari solusi dan jangan mengabaikan Institusi Kepolisian sebagai aparat penegak hukum.

“Tolong perusahaan mata sipit itu dibuka lebar-lebar melihat kondisi sosial kemasyarakatan yang terjadi di wilayah lingkar tambang, jangan hanya semata datang mengeruk kekayaan sumber daya alam di Republik ini dan kemudian memporak-porandakan tatanan sosial kemasyarakatan yang sudah tertata apik di sana,”pesan Iwe.

“Kasian keluarga-keluarga saya baik pelaku maupun korban yang dulunya mereka bersilaturahim dengan baik kemudian tercerai berai akibat dari bobroknya cara-cara PT VDNI dalam menyelesaikan permasalahan yang ada,” tambahnya.