Minim Peminat, KPU Koltim Akan Perpanjang Pendaftaran PPS

Ketgam : Ketua KPU Koltim, Suprihati Parwati Nengtyas (Tengah)
Ketgam : Ketua KPU Koltim, Suprihati Parwati Nengtyas (Tengah)
  •  
  •  
  •  

Reporter : Utha, Editor :Armin, Publisher : Iksan


KALOSARA NEWS : Pendaftaran Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada pemilihan bupati dan wakil bupati Kolaka Timur (Koltim) kemungkinan akan di perpanjang. Hal ini karena minimnya peminat masyarakat menjadi anggota PPS.

Sejak di buka pada 18 februari 2020 hingga hari terakhir ini, terdapat 95 wilayah desa/kelurahan yang belum memenuhi syarat seleksi dari 133 desa/kelurahan se- Koltim. Sesuai aturan PKPU 16 tahun 2019, setiap PPS desa/kelurahan harus memenuhi minimal 6 orang pendaftar untuk di lakukan seleksi pada 1 maret 2020.

“Baru 38 desa/kelurahan yang memenuhi kuota, sehingga kami akan melihat perkembangan sampai jam 24:00 wita, jika sampai waktu ini belum juga memenuhi kouta maka kami akan lakukan pleno perpanjangan pendaftaran, ” kata Suprihati Parwati Nengtyas ketua KPU Koltim, Senin 24 februari 2020.

Negtyas mengakui pendaftaran PPS ini minim di minati masyarakat Koltim, meski sudah melakukan pengumuman sejak 15-17 february lalu namun hasilnya masih jauh dari espektasi. Ia melihat masyarakat Koltim lebih cendrung menjadi PPK ketimbang PPS.

“Kalau PPK sudah terisi. Tinggal PPS saja, intinya kami sudah melakukan semaksimal mungkin untuk menarik masyarakat khususnya kaum milenial untuk menjadi panitia pemilu namun hingga batas pendaftaran hasilnya masih jauh dari harapan kami, ” terang Nengtiyas.

Jika pendaftaran PPS ini belum juga terpenuhi, maka besar kemungkinan KPU akan melakukan kerja sama yang melibatkan universitas.

“Penambahan waktu selama tiga hari (25-27 February 2020 red), jika dalam penambahan ini tetap masih belum memenuhi kuota maka kemungkinan besar bekerja sama dengan universitas,” kata Ketua KPU Koltim ini.

Panitia Pemungutas Suara (PPS) ini akan memabantu tugas KPU Koltim dalam melaksanaan Pilkada. PPS di beri masa tugas selama 8 bulan sedangkan PPK selama 9 bulan. (B)


 

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co