Pemda Konawe Gelar MTQ 35, Delapan Cabang di Musabaqahkan

oleh
Ketgam : Gusli Topan Sabara saat melantik para juri MTQ yang disaksikan Fokompinda serta Khafilah
Ketgam : Gusli Topan Sabara saat melantik para juri MTQ yang disaksikan Fokompinda serta Khafilah

KALOSARA NEWS :  Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe menggelar  Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXXV tingkat kabupaten tahun 2020 yang berlangsung di Lapangan Stasiun Tilawitil Quran (STQ), Unaaha. Senin, 24/2/2020.

Kegiatan ini akan dilaksanakan  lima hari terhitung 24 -29 Januari 2020 serta di ikuti 29 kecamatan se Kabupaten Konawe.

Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara dalam membacakan sambutan Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa,  MTQ sebagai bagian dari program pembinaan kehidupan beragama dan peningkatan Syiar Islam. Merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pembangunan nasional dalam rangka pembangunan manusia Indonesia seutuhnya.

Ketgam : Gusli Topan Sabara saat melantik para juri MTQ yang disaksikan Fokompinda serta Khafilah
Ketgam : Gusli Topan Sabara saat melantik para juri MTQ yang disaksikan Fokompinda serta Khafilah

Kata Gusli, melalui Musabaqah Tilawatil Quran diharapkan akan terjadi proses pembelajaran, pengkajian dan pengamalan nilai-nilai ilmiah dan amaliyah yang terkandung dalam kitab suci Al-Quran dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia, baik dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia, baik dalam bidang lImu pengetahuan dan teknologi maupun kualitas iman dan taqwa.

Gusli menyampaikan MTQ sebagai kegiatan strategis sebagai ajang lomba seni baca Alquran yang telah melembaga dan membudaya dalam kehidupan masyarakat dan bangsa kita.

Gusli mengajak agar pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Konawe ini dapat meraih sukses dengan mencapai prestasi yang terbaik di Tingkat Provinsi Sultra bahkan ditingkat Nasional, dengan memilih dan menelorkan kader- kader terbaik Qari-Qari’ah, Hafidz-Hafidzah, Mufassir-Mufassirah,
serta cabang lainnya.

“Sebagaimana makna MTQ, karena tujuan utama penyelenggaraan MTQ tidak sekedar untuk menjadi juara saja tetapi jauh lebih penting adalah bagaimana pokok ajaran Islam dan dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari,” kata Gusli dalam sambutannya.

Ketgam : Gusli Topan Sabara Saat menyampaikan sambutan Kery Saiful Konggoasa pada acara MTQ Tingkat Konawe 35

Mantan ketua DPRD Konawe ini menjelaskan, Perda No. 7 Tahun 2003 tentang pemberantasan Buta Baca Tulis Al-Quran secara jelas telah mengarahkan bagi setiap umat Islam untuk menghayati pokok ajaran agamanya dan implementasinya bagaimana menunjukkan peningkatan kemampuan baca tulis Al-Quran.

Dikatakannya, tentu saja Program menuju Konawe Gemilang akan sangat bermakna bagi kesejahteraan masyarakat apabila didukung peran aktif para tokoh agama, cedekiawan muslim, para Muballiq, para Imam, bahkan para orang tua sebagai pendidik utama dan pertama yang sangat menentukan gambaran masa depan umat menuju masyarakat sejahtera, beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

“Pelaksanaan MTQ yang menjadi agenda tetap dan terprogram setiap tahunnya merupakan bagian integral dari program Pembangunan Daerah Kabupaten Konawe yang dikemas melalui Pelaksanaan Program Visi Misi Bupati menuju masyarakat Konawe yang Gemilang sebagai suatu Konsep Pembangunan Daerah Konawe untuk mempercepat aksesbilitas pemerataan dan pertumbuhan Pembangunan menuju Masyarakat Madani sejahtera lahir dan batin,”katanya.

Sementara itu, Kabag Kesra Pemda Konawe Sukri Nur dalam laporannya menyampaikan  Cabang-cabang yang di Musabaqahkan adalah seluruh cabang yang disesuaikan dengan rencana MTQ. Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara di

1. Cabang Tilawah Al Qur’an Golongan Anak-anak, Remaja dan Dewasa putra putri.

2. Cabana Tartil Qur’an, Qiraah Murattal Tingkat Remaja dan Dewasa, Mujawwad Tingkat Dewasa dan Cacat Netra putra putri

3. Cabang Hifzil Qur’an Golongan 1 juz dan 5 jus Tilawah, 10 juz, 20 juz dan 30 juz putra putri

4. Cabang Tafsir Qur’an Golongan bahasa Arab, bahasa Indonesia dan bahasa lnggris putra putri.

5.Cabang Khattil Qur’an Golongan Dekorasl, Hiasan Mushaf, Naskah dan Kontemporer putra putrl

6. Cabang Fahmil Qur’an dan Syarhil Qur’an putra Putri

7. Cabang Karya Tulis Ilmiah Alquran putra dan putri.

8.Bintang Vocalis anak anak,remaja dan dewasa putra dan putri

Ketgam : Kabag Kesra Sukri Nur saat menyampaikan laporannya
Ketgam : Kabag Kesra Sukri Nur saat menyampaikan laporannya p MTQ tingkat Kabupaten Konawe dihadiri Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara, lalu dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) meliputi, Kapolres Konawe, Kajari Konawe, Kepala Pengadilan Konawe, Pabung Korem 147/Ho. Seremoni

Hadir juga Kepala OPD Lingkup Pemda Konawe, Ketua LPTQ Konawe, Ketua Pengadilan Agama Konawe, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Konawe, Ketua Tim PKK Konawe, Ketua Baznas, Camat, Lurah, Kepala Desa, Para Ulama, Para Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
Kalosara News | Be Your Smart