,

Hadiri Musrenbang Kecamatan, Tony Herbiansyah: Aspirasi Masyarakat Prioritas Pembangunan Koltim Kedepan

Ketgam : Bupati Koltim Tony Herbiansya saat membuka acara musrembang tingkat kecamatan Lambandia
Ketgam : Bupati Koltim Tony Herbiansya saat membuka acara musrembang tingkat kecamatan Lambandia
  •  
  •  
  •  

KALOSARA NEWS :   Bupati Kolaka Timur (Koltim), Drs. H. Tony Herbiansyah, M.Si hadiri kegiatan rencana musyawarah pembangunan (Musrembang) Kecamatan Lambandia dan Aere. Bupati hadir bersama anggota dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Koltim Suhaemi Nasir serta sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Koltim. Selain agenda Musrembang Tony sekaligus meresmikan permandian Onemanu di Desa Onemanu dan peresmian menara jaringan telkomsel di Aere. Kamis, 27/02/2020.

Peresmian menara telkomsel di aere
Peresmian menara telkomsel di Aere

 

 

Kegiatan ini menjadi ageda pertama kunjungannya di setiap kecamatan dalam giat Musrembang tingkat kecamatan. Meski kondisi di wilayah Koltim tengah di guyur hujan, bupati dan rombongan antusias menghadiri kegiatan tersebut.

Di dua kecamatan itu, Bupati Koltim Tony Herbiansyah menjelaskan, Musrembang sangat penting dan strategis pelaksanaannya, karena disamping untuk menjaring aspirasi masyarakat juga untuk menghasilkan program kerja yang sangat fundamental sebagai bahan penyusunan rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) tahun 2021. Artinya akan menjadi rujukan utama dalam penyusunan RAPBD Koltim tahun anggaran berikutnya.

Selain itu, sambung Tony, Musrenbang tersebut tidak hanya menjadi wadah penyusunan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan. Tapi musrenbang juga harus dipandang sebagai wadah yang dipersiapkan untuk menyalurkan aspirasi masyarakat dalam menyampaikan kebutuhan pembangunan.

“Kehadiran DPRD di kegiatan ini sangat strategis demi mengsinkronkan pembanguna daerah dan pokok pikiran anggota DPRD terkait progres pembangunan prioritas kedepan,” kata Tony.

Tony berharap kegiatan ini jangan di jadikan sebagai seremonial belaka, akan tetapi memahami kebutuhan masyarakat dalam menciptakan pembangunan yang berkelanjutan menuju masyarakat sejahtera melalui pengembangan wilayah agrobisnis yang unggul dan berdaya saing tujuan utumanya.

Ketgam : Penyerahan Musrenbang
Ketgam : Penyerahan Musrenbang

” Untuk itu mutu proses dan hasil musrenbang akan sangat menentukan efektivitas penyaluran aspirasi dan kebutuhan masyarakat. Maka dari itu, ketika saya melakukan kunjungan di lapangan, apa yang menjadi usulan warga, kami langsung tindak lanjuti,” kata Tony Herbiansyah di depan masyarakat Lambandia dan Aere.

Tony juga memaparkan program kerja pemerintah daerah kurun waktu 4 tahun ini telah menujukan progres yang signifikan, mulai dari pengembangan pertanian, infrastruktur sarana dan prasarana, pendidikan dan kesehatan telah berjalan baik.

” Apa yang menjadi program di 2019 sudah di realisasikan semua, dan apa yang menjadi usulan di Kecamatan akan di bahas di tingkat Kabupaten, di mana kita akan evaluasi mana yang menjadi rana anggaran Dana Desa, Kabupaten, Provinsi dan pusat,” terang Tony Herbiansyah.

Terakhir Tony menyampaikan, Pemerintah daerah akan berupaya semaksimal mungkin memperjuangkan aspirasi masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya, seperti kebutuhan sekunder. Salah satu bukti pemda Koltim yakni hadirnya PLN di wilayah hulu seperti Kecamatan Tinondo, Uluiwoi dan Ueesi demikian hadirnya menara Provider Telkomsel di Aere.

” Pemerintah daerah akan berupaya semaksimal mungkin mewujudkan aspirasi masyarakat, misalnya hadirnya PLN di Wilayah kecamatan Tinondo, Uluiwoi dan Ueesi dan sekarang sudah di aliri listrik demikian dengan menara Telkomsel ini. Ini salah wujud perhatian pemerintah atas aspirasi masyarakat,” tutup Tony Herbiansyah. (Adv)

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co