11 Sekolah Raih Sekolah Sehat, 4 Sekolah Jenjang Bersiap Ikuti Lomba Tingkat Provinsi

Ketgam : Bupati saat menyerahkan penghargaan pada kepala sekolah
Ketgam : Bupati saat menyerahkan penghargaan pada kepala sekolah
  •  
  •  
  •  

KALOSARA NEWS : Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), menggelar Lomba Sekolah Sehat tingkat kabupaten. Adapun pesertanya melibatkan Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar (SD). Sekolah Menenga Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Kepala Bagian Kaur Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Konawe Sukri Nur menjelaskan peserta yang mengikuti lomba sekolah sehat ini meliputi 29 kecamatan yang ada di Kabupaten Konawe. Dikatakannya dalam penilaian lomba sehat melibat tim yang terdiri dari, Dinas Pendidikan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kesehatan serta dari Kesra Setda Konawe.

Ketgam : Bupati saat menyerahkan penghargaan pada kepala sekolah
Ketgam : Bupati saat menyerahkan penghargaan pada kepala sekolah

 

“Dari instansi itu terdiri dari tim, tim ini turun ke sekolah-sekolah untuk lakukan penilaian-hasil penilaian ini lah yang dijadikan rujukan pemenang satu, dua dan tiga dalam lomba ini di masing-masing tingkat,” jelas Sukri.

Sukri menguraikan, dari masing-masing sekolah tingkatan terdiri dari tiga pemenang, yakni pemenang ke satu kedua serta pemenang ketiga. Adapun untuk sekolah pemenang berdasarkan SK Bupati nomor 85 tahun 2020 pertanggal 17/02/2020 yakni.

Untuk sekolah tingkat kanak-kanak peringkat pertama TK Mekar Sari di Kecamatan Amonggedo, peringkat kedua TK Mendidoha di Kecamatan Puriala, PAUD Baruga di Kecamatan Wonggeduku Barat. Sedangkan untuk sekolah dasar juara satu SDN 1 Sonai di Puriala, SD 1 Tribudaya di Kecamatan Amonggedo.

Ketgam : foto bersama Kabag kesra dan para kepala sekolah penerima penghargaan
Ketgam : foto bersama Kabag kesra dan para kepala sekolah penerima penghargaan

Untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama, juara 1 MTSN 3 Konawe di kecamatan Lalonggasu Meeto, juara kedua SMPN 3 Amonggedo, dan SMPN 1 Puriala. Sementara untuk tingkat Sekolah Menenga Atas, juara satu SMAN 1 Amonggedo di Kecamatan Amonggedo, SMAN 1 Wonggeduku di Kecamatan Wonggeduku Barat, juara ketiga SMAN 1 Puriala di Kecamatan Puriala.

“LSS merupakan agenda tahunan yang dilakukan oleh pemerintah kabupaten. Kita berikan piala, piagam penghargaan dan uang pembinaan kepada semua pemenang. Tapi khusus yang juara 1 di masing-masing jenjang pendidikan, akan kita ikutkan lagi dalam LSS tingkat Sultra yang kemungkinan digelar pada bulan Maret atau April tahun 2020, apabila lolos di tingkat Sultra maka secara otomatis akan mengikuti tingkat nasional,”ungkap Sukri di ruang kerjanya.

Kabag Kesra, Sukri Nur
Kabag Kesra, Sukri Nur

Adapun syarat dalam penilaian kata Sukri, kondisi sarana dan prasarana (Sarpras) sekolah misalnya jumlah ruang belajar, perpustakaan, musholla, laboratorium bagi tingkat SMP dan SMA, ruang Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), maupun toilet sekolah. Namun yang paling penting adalah dari segi kesehatan dan kebersihan sekolah.

Ia berharap, beberapa sekolah yang akan mengikuti lomba tingkat provinsi dapat lolos ketahap nasional. ” Karena beberapa waktu lalu ada sekolah di Konawe yang lolos ke tingkat nasional seperti salah satu sekolah di di Kecamatan Sampara,” harapnya.

Untuk di ketahui penyerahan piagam penghargaan diserahkan oleh Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa di pendopo kantor daerah Kabupaten usai memimpin apel pagi.

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co