Pemkab Konawe Raih Opini WTP ke-5

Bupati Kery Saiful Konggosa dan Wabup Gusli Topan Sabara saat menerima plakat Opini WTP ke 5 dari Kementrian Keuangan RI melalui Kepala kantor wilayah Ditjen PBN Sultra, Arif Wibawa yang disaksikan Sekda Konawe Ferdiand.
Bupati Kery Saiful Konggosa dan Wabup Gusli Topan Sabara saat menerima plakat Opini WTP ke 5 dari Kementrian Keuangan RI melalui Kepala kantor wilayah Ditjen PBN Sultra, Arif Wibawa yang disaksikan Sekda Konawe Ferdiand.
  •  
  •  
  •  

KALOSARA NEWS : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe,  Sulawesi Tenggara (Sultra) mendapat penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk lima kali berturut-turut dari Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI). Penghargaan berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan Keuangan 2019 diterima langsung Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa didampingi Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara beserta Sekretaris daerah (Sekda) Ferdinand, Senin (19/10/2020) di Kantor Bupati Konawe.

Penghargaan yang diterima Pemkab Konawe dalam bentuk plakat yang ditanda-tangani Menteri Keuangan, menunjukkan bahwa Kabupaten Konawe dinilai sebagai pemerintah daerah yang telah menyelenggarakan prinsip akuntansi keuangan dengan baik oleh BPK RI.

 

Kementrian Keuangan RI melalui Kepala kantor wilayah Ditjen PBN Sultra, Arif Wibawa menjelaskan, saat ini Kab.Konawe sudah lima kali berturut-turut meraih penghargaan Opini WTP sejak 2014 lalu. Pemerintah RI memberikan penghargaan karena pada dasarnya tata kelola keuangannya sudah bagus, apalagi Konawe sudah lima kali berturut-turut berarti sudah on the track, dan harapannya bisa mempengaruhi tatakelola yang lain baik itu di bidang keuangan maupun di bidang layanan.

Ia menjelaskan ada beberapa kriteria untuk mendapatkan opini WTP diantaranya, kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintah, baik itu pengakuan, pengukuran, pencatatan karena pada dasarnya laporan keuangan pusat dan daerah besiknya sama. Kriteria yang kedua yaitu kecukupan, pengungkapan yakni kejujuran dalam pengungkap dalam laporan keuangan. “Kemudian kriteria ketiga yakni kepatuhan dalam perundangan-undangan, dan yang keempat efektivitas sistem pengendalian intern,” paparnya.

 

Kepala kantor wilayah Ditjen PBN Sultra, Arif Wibawa
Kepala kantor wilayah Ditjen PBN Sultra, Arif Wibawa

Sementara itu, Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa berharap agar prestasi tersebut dapat dipertahankan. Karena dengan adanya prestasi opini WTP, pembangunan di Kabupaten Konawe dapat berjalan dengan efektif.

“Opini WTP dari BPK RI adalah bentuk dari tanggungjawab dan hasil kerja keras kita semua, saya juga memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah melaksanakan proses tersebut sehingga predikat tersebut dapat dipertahankan.

Kery juga berpesan ini merupakan capaian yang sangat baik namun jangan berpuas diri, ini merupakan PR bagi Pemkab Konawe,  agar kedepan bisa lebih baik lagi dalam hal pengelolaan keuangannya. “Harapan kami, di masa yang akan datang, kualitas Laporan Keuangan juga dapat terus ditingkatkan,” tutupnya.


 

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co