Ragam  

Dinas Pertanian Koltim Gelar Pelatihan Teknologi Peternakan dan Panen Pedet

KABUPATEN KOLAKA TIMUR-SULAWESI TENGGARA

KALOSARA NEWS : Dinas Pertanian Kabupaten Kolaka Timur menggelar Pelatihan penerapan teknologi peternakan tepat guna dan panen pedet (anak sapi) hasil iseminasi buatan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di lapangan sepak bola Desa Putemata, Kecamatan Ladongi, Kolaka Timur.

Ketgam : Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Kolaka Timur Laski Paemba

Kepala Dinas Pertanian Laski Paemba menuturkan. Kegiatan ini, selain ajang siraturahmi antar istansi terkait dengan peternak juga sebagai ajang promosi bahwa di Koltim saat ini pengembangan sapi begitu besar bahkan melalui teknologi seperti inseminasi buatan di mana sperma yang sudah di bekukan di suntikan ke sapi betina yang sedang birahi.

“Untuk saat ini jumlah sapi yang akan kami inseminasi buatan sekitar 30 ekor yang berasal dari beberapa kecamatan” Ungkapnya Senin, (16/10/2017).

Di tempat yang sama tenaga penyuluh pertanian Made Lumiana menambahkan, sperma yang sudah di bekukan yang saat ini ada pada kami, berasal dari singosari Jawa Timur, kenapa dari sana karena memang pusat balainya,selain itu kualitas sperma jantan sangat bagus.

“Sperma ini sudah di bekukan dalam tabung yang di awetkan menggunakan nitrogen cair dengan suhu 196 derajat,sperma yang beku ini yang akan kami suntikan memang sperma kualitas tinggi di mana pada saat pengambilan sperma di singosari merupakan sperma agresif dan sangat bagus di suntikan pada sapi betina yang ada di koltim,jadi induknya sapi bali lahirnya sapi jenis brahma,” Tambahnya.

Dikatakannya, Untuk proses penyuntikan, pihaknya menyuntikan pada sapi betina yang sedang birahi dan sapi yang birahi itu waktunya 18 jam,dan waktu yang paling tepat itu di bulan 9 dan 10 seperti saat ini,dan memang waktu birahi sapi paling besar di bulan september.

Reporter : Irwandar
Editor : Redaksi

error: Hak Cipta dalam Undang-undang