Ragam  

Koltim Klaim Progres Terbaik Program Pansimas di Sultra

KABUPATEN KOLAKA TIMUR-SULAWESI TENGGARA

KALOSARA NEWS : Sitti Rosna distrik koordinator Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pansimas) klaim Kabupaten Kolaka Timur terbaik pengelolaan program Pansimas dibanding 13 Kabupaten/Kota yang ada di Sulawesi Tenggara.  

Ketgam : Sitti Rosna distrik coordinator Program Pansimas dan Kusram Maroli Kabid DPMD Koltim /Foto : Irwandar Kalosara News
Ketgam : Sitti Rosna distrik coordinator Program Pansimas dan Kusram Maroli Kabid DPMD Koltim /Foto : Irwandar Kalosara News

Sitti Rosna menjelaskan, hasil pertemuan di jakarta 13 Kabupaten/kota  di Sulawesi Tenggara. Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Kabupaten  terbaik dalam pengelolaan Program Pansimas.

“Koltim yang terbaik berdasarkan penilaian yang indikatornya, hal itu di nilai dari fisik dan serapan anggaranya yang telah mencapai 90 persen  dari fisik,”  terang Sitti Rosna distrik koordinator Pansimas Kabupaten Koltim Senin, ( 30/10/2017).

Kata Sitti Rosn,  di Kolaka Timur, untuk program pansimas terdapat di 12 desa yang di biayai oleh APBN dan 4 desa di biayai oleh APBD, jadi linesektor pansimas itu Bapeda,BPMD dan PU selaku Satuan Kerja (satker).

Kabid Pemberdayaan Masyarakat Desa  Kusram Maroli menmabhakan. Dikatakannya, Anggaran Pansimas berasal dari APBN,  kemudian 10% yang bersumber Dana Desa (DD) untuk Pansimas itu yang di kelola langsung oleh desa.

Kata  Kusram Maroli  yang di kelolah oleh desa seperti,  belanja pipa dan biaya operasional  itu pun tertuang dalam RAB,  jadi bukan Pansimas yang kelola 10%  anggaran dari DD tapi belanja langsung oleh Kepala Desa.

“Anggaran 10%  DD untuk pansimas di kelola oleh desa, di belanjakan oleh desa serta pertanggungjawabanya oleh desa,” terangnya.

Reporter : Irwandar

Editor : Redaksi

 

 

error: Hak Cipta dalam Undang-undang