Ada Apa dengan Kebakaran Hutan Papua?

Rayani Umma Aqila
Rayani Umma Aqila

Oleh : Rayani Umma Aqila


Investasi Greenpeace Internasional telah menemukan pembakaran yang disengaja untuk dijadikan lahan perkebunan kelapa sawit di Papua. Perusahaan perkebunan  milik Indonesia-Korea inilah yang disebut-sebut paling bertanggung jawab atas pembakaran hutan tersebut. Yang pada akhirnya hutan di Papua menghadapi ancaman serius akibat perluasan kebun kelapa sawit. (BBC.Com, 12 /11/ 2020). Sebuah investigasi visual yang dirilis pada Kamis (12/11) menunjukkan perusahaan raksasa asal Korea Selatan “secara sengaja” menggunakan api untuk membuka hutan Papua demi memperluas lahan sawit.

Perusahaan Korea bernama Korindo tersebut merupakan salah satu perusahaan sawit dengan lahan terluas di daerah pedalaman Papua. Korindo ditengarai melanggar hukum dengan membakar hutan, namun mereka membantah tudingan tersebut. Investigasi visual oleh Forensic Architecture yang berbasis di Inggris menyelidiki hal itu. Dengan menggunakan petunjuk visual dari video udara yang diambil oleh Greenpeace Internasional pada 2013 serta sistem geolokasi, mereka menemukan kebakaran terjadi di konsesi PT Dongin Prabhawa—anak perusahaan Korindo.

BACA JUGA :   Aktivitas PT. NLS Cemarkan Lingkungan

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co