Alasan Orang yang Baru Masuk Islam Harus Diberi Uang

Kenapa Islam selalu memberi sesuatu kepada orang yang baru masuk Islam?

kalosaranews.com – Uang atau barang berharag itu punya fungsi ta’lif, melembutkan hati. Orang kalau dikasih uang sifat kritisnya hilang. Yang marah jadi ramah. Orang yang sering mengkritisi cobalah beri jabatan, maka hal yang dikritisi itu pun cenderung hilang.Pernah dengar penyanyi yang dulu kerap mengkritisi pemerintah orde baru? Kini suara penyanyi yang sudah tidak fals lagi itu, mungkin telah menerima apa yang telah membuat ia hangus selama ini.

Pernah suatu kali kakak angkatan penulis semasa kuliah, tiba-tiba di lembaga kemahasiswaan ia tidak tajam lagi sikap kritisnya. Ternyata kebisuannya itu terjadi karena ia sudah dibungkam dengan jalan-jalan gratis ke luar negeri yang dibiayai oleh pihak kampus.

Islam juga menggunakan itu. Bukan untuk menyokong kezaliman atau membungkam kebenaran dan hilang sifat kritis. Orang yang baru masuk Islam kenapa disebut muallafati qulubuhum, karena memang perlu dilembut-lembutkan hatinya bahwa di dalam agama ini ada kebaikan.

DR.Yusuf al-Qardhawi menjelaskan definisi muallaf. Muallaf ialah mereka yang diberikan (uang) harta zakat dalam rangka mengokohkan keislaman mereka, atau agar condong dan berpihak kepada Islam, atau untuk menolak keburukan mereka terhadap kaum muslimin, agar mereka dapat menolong kaum muslimin dari musuh mereka, atau yang semisalnya. Oleh sebab itu kata beliau, pemberian zakat merupakan tugas dan perhatian pemimpin negara atau pembuat kebijakan dan keputusan dalam negara (Ahl al-Hill wa al-Aqd), disesuaikan dengan kemaslahatan serta kebutuhan kaum muslim.

Ada sebuah hadits menarik yang patut disimak terkait orang yang baru masuk dan memberinya sesuatu, apapun bentuk hartanya.

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co