Andi Merya Sebut Empat Arah Kebijakan Tahun 2022

Reporter : Utha | Editor : Rj | Publizher : Iksan


KALOSARA NEWS : Plt Bupati Kolaka Timur (Koltim) Andi Merya Nur membuka Musrenbang Kabupaten Koltim di aula pemda setempat pada selasa 6 April 2021.

Kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kabupaten Koltim ini merupakan media untuk menghasilkan suatu kesepakatan antar subjek dan objek pembangunan mengenai rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang menitik beratkan pada pembahasan sinkronisasi kegiatan hasil Musrembang tingkat kecamatan.

 

Pada Forum ini juga diharapkan dapat mematangkan rancangan RKPD Koltim tahun 2022. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah mengamanatkan tentang pelaksanaan perencanaan pembangunan pada setiap jenjang pemerintahan secara partisipatif.

Mekanisme dan petunjuk pelaksanaan musrenbang secara yuridis diatur dalam Undang-Undang Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional yang diatur lebih detail dalam Peraturan Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017.

Plt Bupati Andi Merya Nur mengatakan empat prioritas pembangunan Koltim tahun 2022 yang akan di genjot pemda Koltim melalui instansi pemerintahnya, antaranya pembangunan manusia melalui peningkatan akses pendidikan, kesehatan dan pengentasan kemiskinan, percepatan pembangunan dan pemerataan infrastruktur, peningkatan nilai tambah ekonomi melalui sektor pertanian, pariwisata, dan kesempatan kerja, pelestarian lingkungan hidup dan pengembangan budaya dan tata kelola pemerintah.

Dijelaskannya, proritas RKPD 2022 dimaksud, telah diselaraskan dengan prioritas provinsi dan prioritas nasional pada Tahun 2022, dengan mengacu pada isu strategis rancangan RPJMD Koltim, yakni penanggulangan kemiskinan, peningkatan kualitas sumberdaya manusia, peningkatan daya saing ekonomi dan produktifitas tenaga kerja, pembangunan berkelanjutan dengan memperhatikan daya dukung lingkungan dan sumberdaya alam, tata kelola pemerintahan, peningkatan kapasiatas infrastruktur dasar wilayah.

 

“Pemerataan pembangunan di wilayah Kabupaten Kolaka Timur menjadi prioritas pemerintah daerah. Berdasarkan isu strategis dan arah kebijakan yang akan dituntaskan dalam masa Rencana Pembangunan Jangka Menegah Daerah (RPJMD), untuk perencanaan tahun 2022, kita harapkan dapat menyentuh permasalahan penting yang ada dalam masyarakat sehingga program yang kita harapkan dapat direalisasikan,” kata Andi Merya.

BACA JUGA :   Gubernur Sulsel Sarankan Kepala Daerah Mahir Ilmu Marketing

Untuk mendukung program prioritas tersebut, pemerintah daerah telah merancang beberapa kebijakan yang menyentuh langsung ke masyarakat, di bidang kesehatan ada pemberian jaminan kesehatan melalui Kartu Sehat Daerah (KSD) yang telah terintegrasi dengan Kartu Indonesia Sehat (KIS). Bidang pekerjaan umum, peningkatan infra struktur jalan kabupaten dan peningkatan jalan provinsi dan jalan nasional, pemberian dana stimulasi bagi pembangunan infrastruktur desa/kelurahan.

 


Di bidang pertanian Pemda Koltim menyiapkan pengembangan komoditi unggulan sebagai salah satu wajah dari kabupaten Kolaka Timur yang agrobisnis, antaranya peningkatan hasil produksi pada tanaman kakao, nilam, padi sawah, jagung dan penanganan pasca panen.

Di sektor destinasi yang memiliki andil sebagai Pemasukan Asli Daerah (PAD) juga masuk sebagai program prioritas 2022 dengan menumbuh kembangkan pariwisata dengan mempromosikan potensi wisata kabupaten, yang memiliki ciri khas tersendiri seperti destinasi wisata alam, situs peninggalan dan kearifan budaya lokal, serta destinasi religi.

Dalam kesempatan ini pula, srikandi Koltim ini menyampaikan sejumlah data awal indikator yang dicapai oleh Koltim. Yakni, pertumbuhan ekonomi mencapai 5,63%, lalu PDRB (atas dasar harga berlaku) mencapai 4.427.150.000 Rupiah pertahun. Kemudian, PDRB (atas dasar harga konstan) mencapai 3.297.770.000 Rupiah pertahun. Dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mencapai 66,49, serta tingkat penduduk miskin turun diangka 13.71 persen.


 

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co