Ragam  

Antisipasi Penyelewengan DD, Babinkamtibmas Dangia Tinjauh Desa

KABUPATEN KOLAKA TIMUR-SULAWESI TENGGARA

KALOSARA NEWS : Untuk mengantisipasi penyelewengan Dana Desa (DD). Babinkamtibmas  Bripka Eka Budikusuma Kecamatan Dangia, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) melakukan kunjungan di 12 desa.

 Ketgam  : Bripka Eka Budikusuma dan Kades Tetewua Supriadi saat kunjungi kantor Bumdes Desa Tetewua/Foto : Ierawandar Kalosara News
Ketgam : Bripka Eka Budikusuma dan Kades Tetewua Supriadi saat kunjungi kantor Bumdes Desa Tetewua/Foto : Ierawandar Kalosara News

Dalam kunjungannya itu pada juma’at (27/10/2017), selain mengecek jumlah volume pembukaan jalan, ia juga memantau volume pekerjaan deker, jembatan hingga pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Bripka Eka menuturkan,  ia melakukan ini karena  adanya nota kesepahaman antara Polisi dengan Menteri Desa.  Saat ini Polri turut serta dalam pengawasan dana desa.

Menurut Eka, sebenarnya bukan baru kali ini saja, sebelumnya ia dan para Kepala Desa selalu melakukan rapat terkait APBdesa.

Kata Eka, dari 12 desa yang ada di wilayah tempat ia bertugas, program yang paling dominan adalah pembuatan deker dan pembukaan serta peningkatan jalan, sementara untuk Bumdes. Kata Eka, baru beberapa desa yang aktif.

“Kalau dari program Bumdes, 12 desa yang paling nampak adalah Desa Tetewua, Bumdes Tetwatu bergerak dalam bidang pembuatan batako untuk saat ini.  Desa Tetewatu juga  sudah memiliki mesin pembuat batako  serta sudah mulai memasarkan, selain  itu kantornya  juga sudah semi permanen, ” terangnya Babinkamtibmas  Bripka Eka Budikusuma di lokasi kantor bundes Desa Tetewua.

Di tempat yang sama Kepala Desa  Tetewua Supriadi mengungkapkan, pihaknya sangat mengapresiasi apa yang di lakukan Polsek Ladongi dalam hal ini babinkamtibmas, menurutnya, selama ini para Kepala Desa selalu jadi sasaran empuk dari pihak pihak yang tidak jelas.

Dikatakannya, dengan turut andilnya Kepolisian dalam pengawasan dana desa, ia  lebih leluasa  ketika ada hal yang janggal untuk dilaporkan, selain itu ia dan seluruh aparat desa akan lebih berhati hati dalam penyaluran dana desa.

“Jadi kedepan penyaluran dana desa lebih tepat sasaran, karena adanya pengawasan secara langsung dari pihak kepolisian dalam hal ini Polsek ladongi,” pungkasnya

Reporter : Irwandar

Editor : Redaksi

 

error: Hak Cipta dalam Undang-undang