Ragam  

Asap Hitam PLN Rayon Lambuya, Telah Cemari Udara Warga Setempat

( Foto : Aprianto -lingkaran merah, Asap Hitam yg dikeluarkan oleh mesin pembangkit listrik PLN Rayoon Lambuya

KALOSARA NEWS.COM – Warga Desa Amberi Kecamatan Lambuya Kabupaten Konawe,Sultra. Terganggu atas mesin PLN lambuya yang kerap mengeluarkan asap hitam secara berlebihan. Mesin pembangkit listrik yang beroperasi diwilaya tersebut disinyalir telah mencemari udara warga sekitar.

Menurut warga setempat, mereka telah melakukan konplain terhadap PLN di daerah tersebut, namun hingga saat ini keluhan mereka belum ditanggapi dengan serius.

” ada beberapa kali kami meminta supaya mesin yang mengelurkan asap tidak usah di pake, namun sampai hari ini, masih saja begitu begitu terus, apalagi ini yang keluarkan asap berlebihan ada 4 (empat) mesin, ” Ungkap salah seorang warga yang namanya tidak mau disebutkan.

Dikatakannya, sejak mesin itu mengeluarkan asap hitam, warga yang bermukim di daerah mesin PLN itu mengalami ganguang pernapasan.

” apabila ada angin yang datang dari arah berlawan dari rumah warga, pernafasan yang di rasakan oleh warga terasa pedis apabila menghirup asap yang di bawah oleh angin. Bukan saja pedis akan tetapi banyak anak anak yang ada di lingkungan sekitar ikut menghirup asap ini, ” jelasnya lelaki dua anak ini minggu ( 14/01/2017

Menurutnya, Apabila tidak ada tindakan dari pemerintah, dampak negatif kedepan warga sekitar akan banyak yang mengidap kanker paru-paru (Bronkitis).

” Pemerintah dan DPRD kami minta agar memperhatikan persoalan yang kami alami, karena kami sudah cukup lama menghirup asap hitam ini, anak anak kami selalu batuk batuk, apabilah menghirup udara ” harapnya.

Hingga berita ini terbit, pihak yang diberitakan belum memberikan hak jawabnya, terkait persoalan tersebut

Reporter : Udin B
Editor : Randa

error: Hak Cipta dalam Undang-undang