Azab bagi Yang Hina Janda

kalosaranews.com – Entah apa maksudnya, sekumpulan laki-laki yang belum menikah dan beberapa suami baru bercanda soal janda. Bermula dari salah satu oknum yang membagikan berita tentang banyaknya jumlah janda karena pernikahan tanpa ilmu dan iman, gurauan mereka semakin tidak manusiawi. Terlalu berlebihan hingga amat nyata menghina status janda.

Salah satu di antara mereka berkata, “Sayang banget nikah sama janda. Sayang khitannya.” Dan banyak lagi kalimat-kalimat meremehkan, yang semakin menunjukkan dangkalnya logika mereka sebagai seorang manusia yang sudah pasti terlahir dengan perantara ayah dan ibunya.

Begini, bercanda itu boleh. Tapi ada syaratnya. Salah satunya tidak bercanda dengan sesuatu yang berbau dusta. Kedua, tidak berlebihan dalam bercanda. Jika dua syarat itu dilanggar, bercanda seseru apa pun akan menjadi dosa. Jika sudah dosa, pembahasannya akan sangat panjang.

Tatkala seseorang bergurau tentang janda, saya hanya berpikir bahwa otak mereka sedang kacau. Saya tidak berani mengatakan tidak waras, karena tahu bahwa mereka bisa berpikir dengan baik. Hanya saja, mereka enggan melakukannya.

Bagaimana mungkin mereka tega menghina janda, seburuk apa pun si janda itu, tatkala ada begitu banyak sosok-sosok yang ditinggal suami dan justru menemukan kecemerlangan dalam hidup lantaran menjalani ujian tanpa suami dengan sabar.

BACA JUGA :   Wirausaha Kuliner: Pengalaman Kedai Tjikini dan Organic Fried Chicken

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co