Baca Al’quran Penting, Menerapkannya Wajib

ilustrasi alqu'an
ilustrasi alqu'an

Oleh: Arin RM, S.Si

(Member TSC, Freelance Author)

Di tahun politik 2019 ini, elemen keislaman masih menjadi daya tarik tersendiri bagi upaya pemenangan kandidat capres. Yang terbaru adalah adanya pemberitaan terkait tes baca Al-Quran yang diharapkan mampu menarik simpati pemilih.  Tribunnews.com (30/12/2018), menyebutkan “Ikatan Dai Aceh mengundang dua kandidat calon Presiden RI untuk uji baca Al Quran. Salah satu alasannya karena dua Capres sama sama beragama Islam dan penting bagi umat Islam untuk tahu kualitas calon presidennya”.

 

Perbuatan menjadikan Al-Quran sebatas stempel penarik simpati adalah hasil nyata dari masifnya sekulerisasi di negeri mayoritas muslim ini. Sekulerisasi sukses menjadikan muslim puas dengan capaian kualitas bacaan dan hafalan Al-Quran yang terus meningkat. Namun pada saat yang bersamaan, banyak yang merasa abai akan dijauhkannya penerapan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari. Pun jika masih ada, umumnya hanya dibatasi pada hal-hal yang berkaitan dengan ibadah mahdah dan urusan ruhiyah semata. Sedangkan untuk urusan kenegaraan masih tetap diambil sesuai keperluan. Al-Quran masih dicomot sebatas yang disenangi layaknya hidangan prasmanan.

 

Padahal fungsi Al-Quran tidaklah sesempit itu. Maka, jika sudah pandai membaca Al-Quran dan memahami isinya, maka kewajiban yang paling wajib adalah menerapkannya. Karena al-Qur’an bukan hiasan untuk dipajang. Al-Qur’an diturunkan untuk diterapkan. Maka, dosa besar orang yang bisa membaca dan paham isinya, tapi mencampakkannya. Dari sinilah seharusnya pembuktian mengimani Al-Quran pada level tertinggi adalah dengan menerapkan apa yang ada di dalamnya. Total tanpa terkecuali, yakni menerapkannya di skala individu, masyarakat, dan negara sekaligus.

BACA JUGA :   Politik Uang VS Politik Islam

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co