Ragam  

Banjir Tak Pengaruhi Ketersediaan Pangan Konawe

: Kepala Dinas Ketahahan Pangan Kabupaten Konawe, Muh. Akbar
: Kepala Dinas Ketahahan Pangan Kabupaten Konawe, Muh. Akbar

Reporter : Rj | Editor : Armin | Publzher : Iksan


KALOSARA NEWS : Kepala Dinas Ketahahan Pangan Kabupaten Konawe, Muh. Akbar menyebut, hujan yang mengguyur Kota Konawe hingga mengakibatkan sawah di beberapa wilayah penyangga tergenang, hal itu tidak akan mempengaruhi ketersedian pangan di Konawe. Itu dikarenakan 70 persen petani sawah di Konawe telah melakukan panen sebelum banjir.

K ata Akbar, Sebenaranya kami Dinas Ketahanan Pangan setiap tahun punya persiapan daerah rawan ketahanan pangan, jadi kami bisa membuckup tim bencana dan Dinas Sosial  dalam penangan Ibu hamil dan  balita-balita kita. Namun  tahun ini kami masih berharap dana refocusing yang ada selama ini yang kami persiapkan untuk bencana non alam yaitu Covid-19 bisa di kembalikan. Jadi antisipasi kami sudah siap, tinggal menunggu intruksi pimpinan soal penganggaran.

“Kita bersyukur tahun ini, bencana banjir ini datang  pada saat sebagian wilayah kita sudah panen. Terutama di wilayah Kecamatan Pandangguni, Abuki, Tongauna, termasuk Unaaha dan Wonggeduku sudah panen meskipun sebagian sudah ada yang tenggelam, termasuk wilayah Lambuya, Uepai juga sudah panen yang para saat ini Kecamatan Pondidaha, tetapi sebagian desa juga sudah ada yang panen padinya,” katanya. Senin,17/07/2020.

Jadi untuk wilayah sentra padi kita, lanjut Akbar, masih aman, bahkan kata dia, di Depot Logistic (Dolog) saja masih menerima beras, berarti panen masih ada. Sementara untuk kebutuhan pangan harian, seperti harga beras, harga minyak dan bawang putih/putih juga masih normal.

Yang di khawatirkan menurut Akbar adalah, jelang idul adha soal ketersediaan daging, tapi itu masih bisa diantisapsi. Sedangkan dampak dari banjir di Kecamatan Pondidaha itu tidak akan mempengarui ketersediaan pangan kita.

“Adapun yang gagal panen karena terlambat panen saja, itu pun hanya sampai 30 persen saja yang gagal panen, sementara yang sudah panen sudah capai 70 persen dari luas sawah yang ada di Kabupaten Konawe,” tambah Akbar.


error: Hak Cipta dalam Undang-undang