Bendungan Wunggoloko Jebol, Sawah Petani Kekeringan

KABUPATEN KOLAKA TIMUR – KALOSARA NEWS.COM :  Bendugan Desa Wunggulako, Kecamatan  Ladongi, Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara jebol. Bendungan yang digunakan warga setempat untuk mengarai sawah jebol akibat tak mampu menahan arus air hujan yang melanda wilayah itu akhir akhir ini.

Menurut keterangan salah seorang warga  Jumardin (48 tahun). Dikatakannya,  salah satu penyebab jebolnya bendungan ini adalah derasnya arus air ketika hujan turun, ia menjelaskan bendungan yang sudah berumur ini tidak mampu menahan arus yang begitu deras, belum lagi struktur tanah yang di sekitar bendungan sangat lembek dan tak mampu menahan pondasi bendungan.

“ Air yang seharusnya melewati saluran yang menuju ke arah sawah petani tidak bisa dimanfaatkan lagi , sebab dengan jebolnya bendungan ini, air langsung ke saluran sungai besar, dan sawah kami ke keringan “ jelasnya saat ditemui wartawan media ini, Minggu (03/09/2017)

Sementara itu camat Ladongi Ridwan Nasir yang berada di bendungan yang jebol mengatakan. Ia sudah menghubungi Kepala Dinas  (PU) Kolaka Timur (Bio Mansur-Red)  untuk meninjau langsung bendungan ini.

“ Atas inisiatif  bersama warga, kami akan melakukan gotong royong yang di bantu TNI dan Babinkamtibmas untuk melakukan perbaikan saluran serta bendungan yang sekiranya yang dapat kami perbaiki,” ungkapnya saat meninajau bendungan yang jebol bersama Danramil Tirawuta Kapten Infantri Bosakrin.B, dan Kepolisian Resort Ladongi

Reporter : Irwandar

BACA JUGA :   Bupati Tony Serahkan Alat Mesin dan Kartu Asuransi Petani

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co