,

BKAD Konsel Minta OPD Lengkapi LPJ Sebelum Diperiksa BPK

Ketgam : Kepala BKAD Konsel Sahlul
Ketgam : Kepala BKAD Konsel Sahlul

KALOSARA NEWS : Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra) meminta agar Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) Lingkup Pemda Konsel untuk melengkapi seluruh laporan keuanganya sebelum diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan Sultra.

Kepala BKAD Konsel Sahlul menyampaikan, agar seluruh OPD terus memperbaiki laporan keuanganya sehingga laporan keuangan OPD akan dikonsolidasi sebagai laporan permintaan keuangan daerah. Serta sudah melakukan pengimputan pertanggung jawaban fungsional sebagai kata dasar untuk melakukan asistensi konsolidasi.

“Data di SKPD dan data umum nanti yang akan menjadi laporan keuangan daerah pemerintahan itu yang betul-betul terkoneksi dengan baik dan persiapan kami hari ini semua SKPD sudah menyelesaikan laporan keuangan tersebut,” ungkapnya Senin, 21/01/2019 saat di temui saat sebelum pelantikan eselon III dan IV pejabat lingkup Pemda Konsel.

Dikatakannya, jadi dalam laporan keuangan sekurang kurangnya 4 yang menjadi aspek pertimbangan tentang laporan keuangan yang berkaitan dgn opini laporan keuangan pemerintah daerah. Konsisten terhadap penerapan standar akuntansi pemerintah, pengungkapan atau data pertangung jawaban keandalan dari pertanggung jawaban, penerapan standar penilaian internal pemerintahan dan kepatuhan.

” jadi untuk mempertahankan WTP, empat poin ini kita dorong terus sebagaimana kualitas dari aspek-aspek indikator ini dari hari ke hari sehingga mengalami peningkatan,” kata Sahlul.

Menurut Sahlul, salah satu adalah bagaimna penerapan standar akuntansi pemerintah yang tentunya laporan keuangan yang langsung dibuat oleh SKPD penanggung-jawab keuangan.

“Kita upayakan laporan keuangan saat ini merupakan konselidasi dari laporan keuangan SKPD, itu langka-langkah yang kami ambil kemudian yang kedua kita dorong bagaimna pertanggung jawaban keuangan bukti bukti fisip dan lain sebagainya,” menurut Sahlul

BACA JUGA :   Puluhan Tahun Beroperasi, UD Maju Tak Memberi Konvensasi Kepada Masyarakat

Sahlul berharap itu akan lebih berkualitas dari hari sebelumya kemudian yang ia dorong standar sistim penilaian internal pemerintahan juga mendorong menyelesaikan berbagai yang masih menjadi mandek.

“Perlahan-lahan dengan bertahap bisa terselesaikan, kemudian yang terakhir masalah kepatuhan kita dorong teman-teman sekalian untuk melakukan perbaikan perbaikan termasuk kita mendorong pengetahuan dan keterampilan teman teman terutama di bidang keuangan agar supaya dalam menyajikan laporan keuangan betul-betul berbasis kaidah-kaidah pengelolaan keuangan yang benar,” harap Sahlul.

Ditambahkannya pihaknya tetap optimis karna sudah melakukan pembinaan melakukan konselitasi ke pihak pihak yang berkopenten supaya penyajian laporan keuangan pengelolaanya.

“Kini tengah dipersiapkan sistim yang berbasis ITE mulai dari perencanaan Simral peleksanaanya dan pencatatan dan pertanggung jawaban itu terus kita dorong karena dalam rangka mempertahankan WTP itu,” tutupnya.

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co