, ,

BKKBN Sultra dan IAIN Kendari Resmikan Pojok Kependudukan Perguruan Tinggi

Ketgam : Plt Kepala BKKBN Mustakim saat menyampaikan sambutannya diacara pembentukan dan pembinaan pojok kependudukan tingkat perguruan tinggi /foto : Hendra Kalosara News

KALOSARA NEWS : Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulawesi Tenggara mengadakan kegiatan pembentukan dan pembinaan pojok kependudukan tingkat perguruan tinggi yang dilaksanakan di aula pasca sarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kota Kendari Senin, 17/12 2018.  

Dalam sambutanya Rektor IAIN Kendari Nur Alim menuturkan, pembinaan dan pembentukan pojok kependudukan tingkat perguruan tinggi dilaksanakan atas kemitraan BKKBN Provinsi Sultra dan IAIN Kendari.  “Antara BKKBN dan IAIN Kendari hampir memiliki visi yang sama, salah satunya ketika kami melakukan KKN di Kolaka Timur pada tahun lalu , disana ada pembentukan Pusat Informasi dan Konseling (PIK)  kemudian sempat mendatangkan kepala BKKBN pusat,” sambutnya.

Kata Nur Alim, momen Ini menjadi suatu yang amat penting, karena ini akan menambah wawasan dan narasi civitas akademika khususnya narasi kependudukan dan keluarga berencana. “Kami berharap kerjasama kemitraan ini senantiasa dapat rawat dan ditingkatkan lagi.  Kerja sama yang saling mendukung satu sama lainya. Kehadiran pojok kependudukan ini sangat penting dan strategis bukan hanya untuk kepentingan riset tetapi juga untuk mengembangkan wawasan yang berkaitan dengan kependudukan dan aspek-aspek yang dekat dengan kependudukan,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Plt Kepala BKKBN Mustakim dalam sambutannya, dahulu BKKBN kepanjanganya Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional, namun sejak lahir UU No 52 tahun 2009 berubah menjadi Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional. Jadi menurut Mustakim kependudukanya di angkat. Kata Mustakim, pihaknya juga membentuk PIK- PIK remaja dan mahasiswa di SMP, SMA juga perguruan tinggi.

“Kita juga mengekspos program generasi berencana (Genre) untuk bagaimana merencanakan kehidupan kedepan yang lebih baik. Genre memiliki salam nol tiga maksutnya jangan melakukan tiga hal yaitu nikah di usia dini, jangan lakukan sex bebas dan jangan terjerumus kepada nafsa atau narkoba. Tiga hal ini yang kita sosialisasikan anggota PIK remaja, kita berharap agar PIK remaja dan mahasiswapun menyebarkan virus kebaikan ini kepada yang lain,” ujarnya.

BACA JUGA :   KKN di Desa Sonay, Mahasiswa Universitas Sembilan Belas November Gelar Festival Anak Soleh  

Untuk diketahui, kegiatan ini di hadiri kurang lebih 50 peserta yang terdiri dari mahasiswa/mahasiswi Fakultas Syariah/Hukum dan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD). Kegiatan ini dilakukan untuk pertama kalinya di perguruan tinggi. Sebelum diakhiri  dalam pertemuan itu, terlebih dulu dilakukan pemotongan pita peresmian pojok kependudukan yang ada di IAIN KENDARI oleh rektor IAIN Kendari Nur Alim.

Reporter : Hendra

Editor      : Min

Publizer : Iksan

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co