Dokter di Konawe Bisnis Obat Paten di RSUD Unaaha

LENTERASULTRA.Com-(Unaaha). Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Kabupaten Konawe mengakui masih adanya oknum dokter yang kerap melakukan bisnis obat-obatan di luar dari kebijakan menejemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Unaaha Kabupaten Konawe. Hal itu diungkap, Jaya Kepala Tata Usaha BLUD Konawe  di depan puluhan demonstran yang tergabung dalam Forum Masyarakat Sipil Konawe (Formasi) dipelataran kantor BLUD Konawe, Jum’at (01/04/2016).Menurutnya, pihaknya memang kerap mendapat keluhan ini dari sejumlah pasien, dan beberapkali pula para oknum dipanggil untuk mengklarifikasi masalah ini. Dan menegur langsung.

” Iya, dokter itu sudah perna kami panggil serta mengintruksikan agar menghentikan perbuatannya itu, memang ada obat yang biasa dibeli di apotik luar, tapi para dokter ini tidak memaksakan pasien,” katanya.

Sebelumnya, massa Formasi Konawe yang dinakohdai Muh.Hajar ini menduga ada permainan pihak manajamen RSUD Unaaha dalam tekhnis pelayanan.

Khususya terhadap pasien BPJS, lanjut dia, sedianya bagi masyarakat yang memiliki kartu BPJS sudah tidak dibebankan untuk membeli obat-obatan, palagi di luar apotek RSUD Unaaha. “Namun kenyataannya sejumlah dokter masih kerap memaksakan kehendak menyarankan pasien membeli obat di luar,”papar Hajar, Ketua Presedium Formasi.

Di tempat terpisah, Kepala Kantor BPJS, Peni Desi Arisandi mengaku, tidak mengetahui hal itu, karena dalam undang-undang cukup jelas, misalnya jenis-jenis obat-obatan yang di tanggung BPJS. Misalya, bagi pasien Demam Berdarah Degue (DBD) itu biayanya sudah diketahui.

“Ada 3 pilar pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yakni sisi BPJS Kesehatan, rumah sakit dalam hal ini fasilitas kesehatan baik tingkat dasar primer atau tingkat lanjutan dan peserta (pasien),” terangnya.

“Mengenai resep dokter itu yang dibeli di apotik luar, itu di luar tanggungjawab JKN, karena sudah menjadi tekhnis pada manajamen RSUD setempat,”tambahnya.

BACA JUGA :   Kerjasama SMSI- UPDM, Perusahaan Pers Pilih UKW Berbasis Undang-Undang Pers

Penulis: Randa

Editor: Redaksi

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co